STRATEGI INTERVENSI BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENCEGAH DAN MENGURANGI ADIKSI GAME ONLINE: LITERATURE REVIEW

Novita Aidil Fitri, Via Vajra Aulia, Aprishela Syakina Putri, Alrefi Alrefi, Akbari Akbari

Abstrak


Kecanduan game online merupakan fenomena yang semakin mengkhawatirkan di kalangan remaja dan dewasa muda. Konsumsi berlebihan yang tidak terkontrol dapat menimbulkan dampak negatif yang serius pada fisik, psikologis, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi pencegahan yang efektif untuk mencegah kecanduan game online. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan dengan literatur jurnal yang menitikberatkan pada studi literatur. Berdasarkan hasil temuan 25 jurnal mengenai intervensi adiksi terhadap game online didapatkan hasil bahwa peran guru BK di sekolah, terutama dengan pendekatan kuratif dan kolaborasi dengan orang tua, sangat penting dalam memantau dan mengatasi kecanduan game online. Dengan pendekatan yang terintegrasi antara keluarga, sekolah, dan kebijakan publik, upaya untuk mencegah kecanduan game online pada remaja akan lebih efektif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak secara sehat dan seimbang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan game online: penanganannya dalam konseling individual. Guidance, 17(2), 9–20. https://uia.e-journal.id/guidance

Afiah, T., Putra, D. P., Deswalantri, & Yusri, F. (2023). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Siswa yang Kecanduan Game Online di SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal on Education, 5(3), 6793–6801. https://doi.org/http://jonedu.org/index.php/joe

Al Hamid, S., & Arif, P. P. (2024). Pendekatan Behavior Teknik Self Management dalam Mengatasi Siswa Kecanduan Game Online. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 5(5), 203. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjce.v5i1.3211

Anggraini, S., & Yanto, A. R. (2022). Edukasi pencegahan bahaya kecanduan game online pada remaja di SMPN alok Maumere. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(8), 1645–1652. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.1008

Bahtiar, A. (2022). Penanganan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung. Madaniyah, 12(2), 217.

Cahayani, F. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Meminimalisir Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas X di Sman 2 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.2.3419

Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: the psychology of optimal experience. New York: HarperCollins Publishers.

Daulay, A., & Netrawati, N. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk Mencegah Kecanduan Menonton Live-Streaming Video Game Online SMA Negeri 14 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.22

Dona, S. R. (2023). Upaya Orang Tua Mengatasi Kecanduan Bermain Game Online Pada Anak di Desa Buatan II Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 10(2).

Dwizar, M. F., & Nasution, F. (2024). Peranan Bimbingan dan Konseling Dengan Teknik Self-Control Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 302–311. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6507

Fakhrozi, M. I., Wahyumiani, N., & Nurkholidah, E. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan bermain game online pada siswa sekolah menengah pertama. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29210/023126jpgi0005

Harahap, A. C. P., Halim, A., Ilmi, A. A., Panggabean, M. D. P., Azizah, N., & Yanda, R. A. (2023). Analisis Kecanduan Game Online Pada Siswa dan Strategi Guru BK dalam Pemberian Layanan BK. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1354–1354.

Khairani, W., & Yusri, F. (2023). Efektifitas Konseling Teman Sebaya Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online Pada Remaja di Jorong Sungai Jariang Kanagarian Koto Panjang Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 45–60.

Mahyatun, B., Yulianti, D., & Almayanti, E. L. (2023). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Asertif Untuk Mencegah Kecanduan Game Online Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 2(1), 19–23. https://doi.org/https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i1.4063

Mariam, D. (2024). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. JBK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 9–11.

Nija, Y. I., & AyongLianawati. (2020). Bimbingan Kelompok Teknik Self Control Efektif Mengurangi Kecanduan Game Online Siswa SMA Sejahtera Surabaya. Teraputik Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.26539/teraputik-42428

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Pira, Damiri, D. S., & Tanod, M. J. (2022). Upaya Meminimalisir Kecanduan Game Online dengan Pendekatan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management pada Siswa Kelas VIII SMP Dwipa Karya Mandiri Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 4(1), 1. http://eskrispi.stkippgribl.ac.id/

Rojanah, Sayekti, S., & Redjeki, S. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Token Economy Dalam Menurunkan Kecanduan Game Online Siswa Kelas VIII A SMP Kesatrian 2 Semarang. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.31331/emp.v2i1.kodeartikel

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Vol. Edisi Kelima. Alfabeta.

Syarofi, M., Nurul, S., & Hidayah, A. (2024). Pencegahan Ketergantungan Game Online pada Anak Usia Dini. Journal of Smart Community Service, 2(1), 12–26.

Trisnowati, D., Rufaidah, A., & Mardiana, N. (2021). Mengatasi perilaku kecanduan game online melalui layanan bimbingan kelompok. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4581

Utami, F., Uda, G., Maria Masi, L., & M.A Abel, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknik Self Control Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengatasi Kecanduan Bermain Game Online Mahasiswa BK Undana. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(2). https://doi.org/10.35508/jbkf.v1i2.11581

Yanizon, A., Rofiqah, T., & Ramdani, R. (2019). Upaya pencegahan pengaruh gadget pada anak melalui kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dampak gadget kepada ibu-ibu kelurahan Tanjung Uma. Minda Baharu, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2065

Yanti, N. F., Marjohan, M., & Sarfika, R. (2019). Tingkat Adiksi Game Online Siswa SMPN 13 Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 684. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i3.756

Zahira, T. N., & Okta, R. O. (2024). Strategi Bimbingan Klasikal Untuk Mengatasi Adiksi Game Online pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 346–351. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jppi.v1i2.619


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.