KONSEP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH OLEH KONSELOR MELALUI PENDEKATAN BAHASA KONSELING BERBASIS AGAMA
Abstract
Karakter merupakan suatu fondasi kehidupan bangsa. Karakter bagi suatu bangsa memiliki fungsi memberikan arah kemana bangsa harus menuju, bagaimana cara mencapai tujuan itu, apa yang harus dikaji dan dipegang teguh dan sebaliknya apa yang harus dihindari dan dibuang jauh-jauh. Penelitian ini berjudul “Konsep Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah oleh Konselor Melalui Pendekatan Bahasa Konseling Berbasis Agama.” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep yang diterapkan Konselor di Madrasah dalam membentuk karakter siswa melalui pendekatan Bahasa Konseling Berbasis Agama. Penelitian ini menggunakan desain studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologis untuk memahami pengalaman konselor terhadap konseling berbasis agama. Enam konselor dari 6 Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Pidie dipilih dengan purposive sampling dan data diperoleh melalui wawancara langsung. Hasil penlitian menunjukkan bahwa konselor memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik di madrasah. Dengan menerapkan berbagai strategi dan metode yang tepat, konselor dapat membantu peserta didik tumbuh menjadi individu yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Farida. (2012). Bimbingan Keluarga dalam Membantu AnakAutis (Kehebatan Motif Keibuan). Konseling Religi, 3(2).
Islam, P. K. (2011). Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Menurunkan Tekanan Emosi Remaja.
Isnaini, R. L. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter Anak Melalui Manajemen Bimbingan Dan Konseling Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 35–52.
Maba, A. P. (2017). Mengembangkan Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal Anak Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. Open Science Framework. Https://Doi.Org/10.17605/OSF.IO/E9Q2S.
Mishbahuddin, A. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Religi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Prakoso, E. T., & Wahyuni, E. N. (2015). Urgensi Self Efficacy Konselor Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Anak (Penelitian Survey Terhadap Konselor Sekolah Di Kota Malang). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 644–652.
Prasetiawan, H. (2016). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Ramah Anakterhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research And Education), Volume 04(Nomor 1).
Safitri, N. E., Saputra, A. D., Wonosari, S. M., & Dahlan, U. A. (T.T.). Strategi Pengembangan Karakter Religius Anak Melalui Ruang Toleransi Beribadah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.