Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Produk Lokal vs. Impor di Makassar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, faktor psikologis, dan nilai-nilai sosial (termasuk tendensi boikot) terhadap keputusan pembelian antara produk lokal dan impor oleh konsumen di Makassar. Metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan pada 158 responden yang merupakan pengguna aktif marketplace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, faktor psikologis, dan nilai-nilai sosial secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Nilai-nilai sosial memiliki pengaruh langsung terkuat terhadap keputusan pembelian (β=0.487), sementara faktor psikologis berpengaruh paling kuat terhadap nilai-nilai sosial (β=0.600). Tendensi boikot, sebagai komponen nilai-nilai sosial, terbukti signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Model penelitian menunjukkan kemampuan prediktif yang sangat tinggi (R2 Keputusan Pembelian = 0.954), meskipun ditemukan isu validitas diskriminan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi strategi UMKM lokal dan kebijakan pemerintah di Makassar.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
- Andriyanty, R., & Wahab, D. (2019). Preferensi Konsumen Generasi Z Terhadap Konsumsi Produk Dalam Negeri. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(2), 280–296. Https://Doi.Org/10.29313/Ethos.V7i2.4694
- Asri Murwanti. (2023, Februari 5). Mengapa Produk Lokal Belum Jadi Pilihan Konsumen? Ukmindonesia.Id. Https://Ukmindonesia.Id/Baca-Deskripsi-Posts/Mengapa-Produk-Lokal-Belum-Jadi-Pilihan-Konsumen
- Badan Perencanaan, & Pembangunan Nasional. (2024). Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.
- Budiarti, L. (2020). Pengaruh Negara Asal Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Impor Dengan Moderasi Variabel Pengetahuan Produk.
- Dinas Koperasi Dan Umkm. (2021). Renstra 2021-2026 Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Makassar.
- Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Makassar. (2024, September 20). Artikel Kebiasaan Online Gen Z Makassar: Potret Generasi Digital Di Kota Anging Mammiri.
- Fabella, N. T., Devi, Y., & Kurniati, E. (2023). Pengaruh Merek Lokal Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Pakaian Di Kota Bandar Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Konsumen Pakaian The Executive Kota Bandar Lampung). Manajemen Bisnis Islam, 4(1). Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V4i1.14496
- Folia, A. D., & Yulianti, R. A. (2023). Analisis Sikap Dan Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Fashion Dengan Menggunakan Brand Image Merek Lokal Dan Impor. Dalam Applied Business And Administration Journal (Vol. 2).
- Holili, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Marketplace Shopee.
- Jaelani, A., & Nursyifa, Y. (2024). Perilaku Konsumen Islam Terhadap Boikot Produk Israel. Karimah Tauhid, 3(2).
- Kussudyarsana. (2020). Persepsi Konsumen Atas Merek Lokal Dan Asing Pada Kategori Produk Hedonik Dan Utilitarian.
- Maharani, I. P. D., Wulandari, N. L. A. A., & Sunny, M. P. (2023). Pengaruh Brand Preference Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian. Widya Amrita : Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(3), 511–522.
- Munandar, A., Syafaat Yaasin, M., & Firdaus, R. A. (2023). Analisis Sentimen Netizen Indonesia Mengenai Boikot Produk. Tauhidinomics: Journal Of Islamic Banking And Economics, 3(1), 23–40.
- Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 67–74. Https://Doi.Org/10.37641/Jabkes.V2i1.1358
- Putri, R. E. (2024). Preferensi Pembelian Produk Lokal Secara Online Pada Platform Shopee Sebagai Salah Satu Sikap Bela Negara.
- Rakhma, F. A., Pardiman, & Irma Hatneny, A. (2021). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Www.Fe.Unisma.Ac.Id
- Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel. (2024, Juli 17). Pemprov Sulsel Dorong Pengembangan Umkm Melalui Digitalisasi.
- Silviah, S., Lutfianti, W. H., & Firmansyah, R. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Online Pada E-Marketplace Di Indonesia. Dalam Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis (Vol. 7, Nomor 6). Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/07/19/10-E-Commerce-Dengan-Pengunjung-
- Sofa, A. Y., & Parmariza, Y. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek, Country Of Origin, Dan Desain Produk Pada Minat Beli Mobil. Kajian Branding Indonesia, 5(1).
- Sudarti, K. (2020). Peningkatan Minat Pembelian Merek Lokal Melalui Consumer Ethnocentrisme. Http://Jurnal.Unimus.Ac.Id
- Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). Budaya Belanja Online Generasi Z Dan Generasi Milenial Di Jawa Tengah (Studi Kasus Produk Kecantikan Di Online Shop Beauty By Asame). Scriptura, 12(1), 58–71. Https://Doi.Org/10.9744/Scriptura.12.1.58-71
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v5i2.3183
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##

![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |