PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING MEMODERASI PURCHASE INTENTIONS PELANGGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying Memoderasi Purchase Intentions pada Pelanggan Alfamart Blang Asan Kota Sigli Kabupaten Pidie”. Dimana variabel independen yaitu Price Discount (X1), Bonus Pack (X2), Purchase Intention (Z) dan Impulse Buying (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Alfamart Kota Sigli Kabupaten Pidie. Kemudian digunakan metode Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel dalam penilitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji f dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y = 0.987 + 0,678 X1 + 0,559 X2 + 0,109. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti, ternyata variabel Price Discount (X1), mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 67,8% terhadap Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Alfamart Blang Asan Kota Sigli Kabupaten Pidie. Pengaruh antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Price Discount (X1), Bonus Pack (X2), Purchase Intention (Z) terhadap Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Alfamart Blang Asan Kota Sigli Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 66,8% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afrida. 2021. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merek Mobil Suzuki (Studi Kasus: Masyarakat Kota Padang).” Ekonomi Dan Bisnis.
Ajsen. 2005. Manajemen Penjualan, Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.
Annisa, St Nur. 2020. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Melalui Nilai Hedonik Pada Konsumen Lotte Mart Cabang Mall Panakkukang Makassar.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Malhotra, M.K. 2017. Operations Management,10th Edition. USA: Pearson.
Nisa’, Laili Nur Na’imatun. 2019. “Hubungan Online Trust Dengan Purchase Intention Pada Konsumen Di Media Instagram.” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Nurul Azmi. 2023. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Perilaku Impulse Buying.” Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Universitas Gunadarma Abstract 2(1):0–6.
Pratiwi, Raissa Melinda. 2022. “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Price Discount Terhadap Impulsive Buying Di Toko Online Shopee Dengan Self Control Sebagai Variabel Moderating.” Program Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Uin Walisongo Semarang.
Prihastama, Brian Vicky. 2018. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Minimarket (Studi Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta).” Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramadhan, Adewahyu, Novita Ekasari, And Bonus Pack. 2021. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying ( Studi Kasus Pada Pelanggan Alfamart Di Kota Jambi ).” Prodi Manajemen Feb Universitas Jambi 10(02):354–67.
Rofi, Rona, And Tri Sudarwanto. 2021. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Keputusan Pembelian Produk Near Expired Kecap Bango Yang Di Mediasi Oleh Minat Beli ( Studi Kasus Di Transmart Rungkut Surabaya ).” Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya 9(3).
Samma, Sitti Aisyah Muthmainna. 2022. “Pengaruh Price Discount , Bonus Pack , Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Behavior Konsumen Pada Hypermart Mall Panakkukang Makassar.” Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar (5).
Sari, Della Ruslimah, And Ikhwan Faisal. 2018. “Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Giant Ekstra Banjar.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin 2(1).
Sudijono, 2018. Aplikasi Statistik dengan SPSS Untuk Pemula, Prestasi. Pustaka, Jakarta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zetira, Adithya Melano, And Meilaty Finthariasari. 2022. “Purchase Intention: Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Celebrity Endorser.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Bengkulu 18(1):16–25.
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v5i1.2809
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |