PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN DAYA TARIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Daya Tarik Sebagai Variabel Mediasi Berkunjung Ketempat Wisata Water Park Kelapa 1 Sigli Kabupaten Pidie. Dimana variabel independen (X) yaitu sosial media marketing dan citra destinasi variabel moderating (Z) yaitu Daya Tarik dan Kepuasan Konsumen (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Ketempat Wisata Water Park Kelapa 1 Sigli Kabupaten Pidie. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS. Pengujian hipotesis dengan pendekatan PLS, dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masing-masing variabel. Uji inner model dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel sesuai hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung Sosial media marketing terhadap kepuasan konsumen positif dan tidak signifikan pengaruh langsung Sosial media marketing terhadap kepuasan konsumen positif dan signifikan pengaruh langsung citra destinasi terhadap kepuasan konsumen positif dan signifikan pengaruh langsung Sosial media marketing terhadap kepuasan konsumen positif dan signifikan pengaruh langsung daya tarik terhadap kepuasan konsumen pembeliann positif dan tidak signifikan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andini, A., & Surya, D. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–21.
Anwani, A. (2021). Analisis Obyek Daya Tarik Wisata Dan Aksesbilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 57–64. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10182
Aribat, S. (2021). Analisis Kesejahteraan Karyawan. Jurnal Manajemen, 13(4), 630–637. https://doi.org/10.29264/jmmn.v13i4.10357
Caroline, C. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Behavioral Intention Cory. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Behavioral Intention, 15(2), 72–80.
Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi, 1(3), 92–101.
Hogantara, A., & Sintaasih, D. K. (2020). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tingkat kesejahteraan, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Aroma. 4(2), 336–354.
Made Puspita, at al. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. 2, 758–771. https://essuir.sumdu.edu.ua/handle/123456789/85892%0Ahttps://essuir.sumdu.edu.ua/bitstream/123456789/85892/1/Pronkina_bac_rob.pdf
Noerhanifati, S. (2020). Pengaruh Citra Destinasi Wisata Dan Pengalaman Berwisata Terhadap Intensi Mengunjungi Kembali Pada Wisatawan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Torong Kabupaten Pandeglang. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1), 61–73. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.46
Nugraha, R. N., & Mawo, M. L. (2023). Daya Tarik Wisata Taman Ismail Marzuki Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 236–240. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57955
Pratiwi, K. A., Telagawathi, N. L. W. S., Mertaningrum, N. L. P. E., & Ariasih, M. P. (2019). Pengaruh Program Kesejahteraan Karyawan Dan Kerja Karyawan Rsup Sanglah Denpasar-Bali. Jurnal Prospek, 1(2), 1–15.
Sulistyafani, A., & Sastrawan, I. G. A. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Di Pantai Pandawa, Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(1), 96. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i01.p11
Sultan, Rahayu, H. C., & Purwiyanta. (2023). Analisis Pengaruh Kesejahteraan Masyarakat Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 75–83. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i1.198
Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268
Wahyuni, S. (2020). Analisis Pola Daya Tarik Wisata Berdasarkan Potensi Sumberdaya (Supply) Sebagai Aset Dan Daya Tarik Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(01), 13–22. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v14i01.14
Wulandani, N. L. K. L. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Persepsi Nilai Wisatawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Milenial Mancanegara di Bali. Journal of Tourism and Creativity, 6(1), 49. https://doi.org/10.19184/jtc.v6i1.28911
Wulandari, R., Yuliar, A., & Widyaningsih, W. (2022). Pengaruh Potensi Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Hutan Pinus Pasekan Wonogiri. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(3), 324–329. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i3.46372
Yanti, E. M., & Ramzijah, R. (2023). Dampak International Financial Reporting Standard (IFRS) terhadap Laporan Keuangan Perusahaan di Indonesia. Jurnal Ekobismen, 3(1), 45-51
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v5i1.2808
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
![]() | All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |