PENERAPAN STRATEGI BRAND IMAGE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PERMINTAAN PRODUK KECANTIKAN BRAND TAZZI (STUDI KASUS TAZZI GLOW OFFICIAL) DI KABUPATEN PIDIE

Rauzatul Ilmi, Cut Yusnidar, Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Penerapan Strategi Brand Image dan Brand Ambassador terhadap permintaan produk kecantikan brand Tazzi (Studi Kasus Tazzi Glow Official) di Kabupaten Pidie”. Dimana variabel independen yaitu Brand Image , Brand Ambassador dan permintaan produk sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Pidie. Sampel diambil sebanyak 100 orang responden. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reabilitas, Analisis Regresi berganda, Uji asumsi klasik, Uji hipotesis melalui uji F dan Uji t, serta analisis Koefesien Determinasi (R2). Hasil penelitian, diperoleh Y = 4.612+ 0,401 X1 + 0,385 X2. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel Brand Image (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 40,1 % terhadap permintaan produk kecantikan brand Tazzi di Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Brand Image (X1) dan Brand Ambassador (X2) terhadap permintaan produk kecantikan brand Tazzi di Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi 91,7%, ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing variabel Brand Image (X1) dan Brand Ambassador (X2) sebesar 84,1%, ini berarti kedua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan produk kecantikan brand Tazzi di Kabupaten Pidie.

 

Kata Kunci : Brand Image, Brand Ambassador, Permintaan Produk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agnes. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga Terhadap Minat beli Konsumen ( Studi Kasus Co-Branding Samsung X Bts ). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. No.01. Vol. 06

Osak Derby Juliana, Pasharibu Yusepaldo. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. e-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol 04. No. 09.

Edrin F, Fhatiyah Nurul. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus Pada Event Free Photocard BTS Tokopedia). Jurnal Proceeding Seminar Nasional Bisnis. Vol. 4. No. 1.

Faradilla A.M, Andarini S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Maybelline New York. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 12. No. 1.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara.

Muhajirin Farif Fuad & Maryam Siti. (2019). Pengaruh Jenis Produk Pakaian Dan Penetapan Harga Terhadap Permintaan Konsumen Di Kota Palangka Raya (Studi Kasus Di Toko Yulia). Jurnal Al Qardh. Vol. 4. No.1.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Candra Kirana Linggani, dkk. (2020). Pengaruh Zaskia Adya Mecca Sebagai Brand Ambassador dalam Instagram Meccanisofficialshop Terhadap brand image Meccanism. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol. 8. No. 2

Mankiw N. Gregory. (2018). Pengantar Ekonomi Makro. Penulis,. ISBN

S.Kolinug Mawar dkk. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal Ekonomi. Vol.10. No 3.

Lailiya Nisfatul. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Jurnal Ekonomi Pemasaran. Vol.2 .No. 2.

Ramadhan Gida D, Aulia P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Studi Kasus Arief Muhammad Sebagai Brand Ambassador ) Erigo. Jurnal e-Proceeding of Management. Vol. 9. No. 4.

Wijaya Randi & Septia Winduwati. (2022). Peran Brand Ambassador Arya Saloka dan Amanda Manopo dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Kiwari. Vol. 1. No. 1.

Riskia Luthfia Remares. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Social Media Instagram @Npureofficial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Npure. Jurnal Communication. Vol. 5. No.1

Rohmanuddin, Suprayogo. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Bisnis Ritel Pakaian “Sting” Cabang Kedoya Green Garden). Jurnal Bima Manajemen. Vol. 10. No.2.

Rossiter, J. R & Smidts, A. (2018). Print Adversting Celebrity Presenters. Journal of Business Research.

Sinta. (2020). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust, Terhadap Brand Loyality Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Vol.1. NO.1

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Tamara jessica. (2018). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi). Jurnal Prologia. Vol.2. No. 2.

Tjiptono, (2018), Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi kasus pengguna scarlett whitening).

Wijaya, Tony. (2018), Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: PT.Indeks.




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v3i2.1354

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by:

desain-mirzaj
desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.