ANALISIS KELYAKAN USAHA OLAHAN PISANG BERBASIS E-COMMERCE DI BEREUNUEN KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS TOKO PISANG CEMONG)

Al Asri Abubakar, Riska Nadila, Junaidi Junaidi

Abstrak


Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan usaha olahan pisang berbasis e-commerce dibereunuen kecamatan mutiara kabupaten pidie (toko pisang cemong). Penelitian ini dilaksanakan di toko pisang cemong bereunuen kecamatan mutiara kabupaten pidie. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling) di toko pisang cemong dan penelitian ini menggunakan metode studi kasus, waktu penelitian pada bulan maret sampai mei 2022, populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha olahan pisang berbasis e-commerce dibereunuen kecamatan mutiara
kabupaten pidie (toko pisang cemong). Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis pendapatan dan kelayakan usaha. Usaha olahan pisang usaha olahan pisang berbasis e-commerce dibereunuen kecamatan mutiara kabupaten pidie (toko pisang cemong) memperoleh pendapatan total sebesar Rp 20.348.300 dalam per bulan untuk 2.100 koak produk olahan pisang, Hal ini menunjukkan bahwa usaha olahan pisang di toko pisang cemong menguntungkan karena penerimaan yang di peroleh lebih besar dari pada biaya yang dikeluarkan. Berdasarkan dari analisi kelayakan usaha, nilai R/C sebesar 1,9 (>1) menunjukkan bahwa usaha olahan pisang di toko pisang cemong menguntungkan.

Kata kunci : kelayakan usaha , olahan pisang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adittia, Rio, Sindi. 2013. Studi Kelayakan Pembangunan Pabrik Tepung Tapioka PT. Horison Agro Industri Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung. Data : Bandar Lampung.

Afiyah, Abidatul. 2015. Analisis StudiKelayakan Usaha Pendirian Home Industri (Studi Kasus Pada Home Industri Cokelat “Cozy”Kademangan Blitar.

Badan Pusat Statistik. 2017. Konsumsi Buah Dan Sayur Susenas Maret 2016, Januari 2017. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Dunia Firdaus A, Abdullah W. 2013. Akuntansi Biaya. Salemba Empat,

Jakarta.

Greuning, Hennie Van., Scott, Darel dan Terblanche Simonut.

International Financial Reporting Standards: Sebuah Panduan Praktis. Salemba Empat, Jakarta.

Helmalia, & Afrinawati. 2018. Pengaruh ECommerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3

Ismanto, H.2015. Pengolahan Tanpa Limbah Tanaman Pisang. Labotarium Pengolahan Hasil Pertanian. Balai Besar Pelatihan Pertanian.

Batang kaluku.

Kasmir & Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan ke Delapan.

Kencana, Jakarta.

Kartika Hadi, Hans., Veronica Siregar, S., Uli Sinaga, R Dan Syamsul, Merliyana. 2012. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS,

Salemba Empat, Jakarta.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2016. Outlook Komoditas Pisang. Jakarta : Pusat Data Dan Sistem Informasi Pertanian

Lam, Nelson., dan Lau, Peter. (2014). Akuntansi Keuangan, Edisi 2-Buku 1. Salemba Empat, Jakarta.

Mumtahana, Hani Atun Dan Sekreningsih Nita. 2015. Analisis Optimalisasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produksi Kulit Magetan. Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri, Malang.




DOI: https://doi.org/10.47647/jar.v5i1.665

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-417X , e2721-0782


Indexed By :




Creative Commons License

Jurnal Agroristek Jabal Ghafur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.