FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN DAN CURAH DI PASAR BEUREUNUEN KECAMATAN MUTIARA

Nadilla Nadilla, Al Asri Abubakar, Junaidi Junaidi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pemebelian minyak goring kemasan dan curah di pasar Beureunuen Kecamatan Mutiara. Penelitian dilaksanakan pada bulan maret 2021. Adapun sampel penelitian sebanyak 60 dari populasi keseluruhan konsumen yang membeli minyak goreng kemasan dan curah. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisi yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan metode regresi linear berganda digunakan untuk melihat pengaruh antara variable X dan Y.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa Koefesien variabel harga mempunyai pengaruh positif terhadap minat pembelian minyak goreng kemasan dengan koefisien sebesar 1,030. variabel harga (X1) sebesar 0.26 dengan nilai signifikasi 0.26 < 0.05. Hal ini menunjukan variabel  berpengaruh terhadap harga pembelian minyak kemasan. Koefesien variabel kualitas tidak berpengaruh terhadap minat pembelian minyak goreng kemasan dengan koefesien sebesar 0,029. variabel kualitas (X2) sebesar 887 dengan nilai signifikasi .887 > 0.05. Hal ini menunjukan variabel kualitas tidak berpengaruh terhadap pembelian minyak goreng kemasan. Koefesien variabel harga mempunyai pengaruh positif terhadap minat pembelian minyak goreng curah dengan koefisien sebesar 0.189. variabel harga (X1) sebesar 0.627 dengan nilai signifikasi 0.627 > 0.05. Hal ini menunjukan variabel tidak berpengaruh terhadap harga pembelian minyak goreng curah, Koefesien variabel kualitas berpengaruh terhadap minat pembelian minyak goreng curah dengan koefesien sebesar 0,342. variabel kualitas (X2) sebesar 0,013 dengan nilai signifikasi 0,013 < 0.05. Hal ini menunjukan variabel kualitas berpengaruh terhadap pembelian minyak goreng curah karena konsumen melihat minyak goreng curah hal ini dikarnakan konsumen tidak akan membeli jika kualitas minyak goreng curah tidak bagus seperti warna minyak menjadi keruh.

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Minyak Goreng Kemasan, Minyak Goreng Curah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alyas, S. A., Abdullah, A., and Idris, N. A., 2011, Change of ?-Charotene Content During Heating of Red Palm Olein, Journal of Oil Research (Special Issu April 2009): 99-120.

Aminah, S. 2010. Bilangan Peroksida Minyak Goreng Curah dan Sifat Organoleptik Tempe pada Pengulangan Penggorengan. Jurnal Pangan dan Gizi Vol. 01: 7-13.

Boyd, et, al. 2015. Manajemen Pemasaran.




DOI: https://doi.org/10.47647/jar.v4i2.554

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-417X , e2721-0782


Indexed By :




Creative Commons License

Jurnal Agroristek Jabal Ghafur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.