Produksi Pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis.) Menggunakan Sistem Hidroponik Dengan Perbedaan Sumber Nutrisi

Ibnu Yasier, Junaidi Junaidi, Julia Julia, Hamdani Hamdani

Abstrak


Pakcoy merupakan jenis sayuran yang sangat populer dan sangat digemari oleh masyarakat. Sayuran ini sangat populer di kawasan Tiongkok namun kemudian menyebar ke berbagai negara salah satunya Indonesia. Peningkatan dan potensi budidaya pakcoy menuntut adanya teknik budidaya yang efisien. Produksi tanaman dengan sistem hidroponik erat kaitanya dengan ketersediaan sumber nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pertumbuhan dan hasil pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis.) dengan nutrisi yang berbeda secara hidroponik. Rancangan Percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial yaitu jenis larutan nutrisi yang terdiri dari larutan nutrisi AB mix 1, larutan nutrisi AB mix 2 dan pupuk organik cair POC NASA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan dengan perbedaan sumber nutrisi memberikan pengaruh yang sangat nyata pada rasio tinggi tanaman dan berpengaruh nyata pada jumlah helai daun. Analisis pH dan TDS yang dilakukan untuk menggambarkan ketersediaan hara yang dapat terserap pada sumber nutrisi yang digunakan. Penggunaan larutan nutrisi AB mix 1 dan larutan nutrisi AB mix 2 dinilai lebih efisien dalam mempengaruhi produksi pakcoy dibandingkan penggunaan pupuk organik cair POC NASA.

Keywords : Pakcoy, AB mix, Hydroponik, POC NASA 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyanti R. N. dan D. S. Rahimah. 2016. Akuaponik praktis. Depok: Trubus Swadaya.

Hartus, T. 2008. Berkebun Hidroponik Secara Murah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Indrawati, R., Indradewa, D., & Utami, S. N. H. (2012). Pengaruh Komposisi Media Dan Kadar Nutrisi Hidroponik Terhadap Hasil Tomat (Lycopersicon esculentum Mill.). Vegetalika, 1(3).

Karsono, S., Sudarmodjo, & Sutiyoso, Y. 2002. Hidroponik Skala Rumah Tangga. Depok: Agro Media Pustaka.

Lakitan. (2012). Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarido, L., & Junia. (2017). Uji Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Pada System Hidroponik. Jurnal AGRIFOR. (16)1.65-66.

Sembiring, G. M., & Maghfoer, M. D. (2018). Pengaruh komposisi nutrisi dan pupuk daun pada pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (Brassica rapa L.var. chinensis) sistem hidroponik rakit apung. Plantropica: Journal of Agricultural Science, 3(2).

Setiawan, L., & Susila, A. D. (2007). Optimasi Konsentrasi Larutan Hara Pada Budidaya Selada (Lactuca sativa var. Grand Rapids) Dengan Teknologi Hidroponik Sistem Terapung (THST) (Skripsi, Institut Pertanian Bogor).

Sukmawati, S. 2012. Budidaya pakcoy (Brassica chinensis. L) secara organik dengan pengaruh beberapa jenis pupuk organik. Karya Ilmiah. Politeknik Negeri Lampung. 9 hal.

Susila, A. D., & Koerniawati, Y. (2004). Pengaruh Volume dan Jenis Media Tanam pada Pertumbuhan dan Hsil Tanaman Selada (Loctuca sativa) dalam Teknologi Hidroponik Sistem Terapung. Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 32(3), 16–21.

Rambe, M. Y. (2013). Penggunaan Pupuk Kandang Ayam dan Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) di Media Gambut (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.47647/jar.v5i2.1158

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-417X , e2721-0782


Indexed By :




Creative Commons License

Jurnal Agroristek Jabal Ghafur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.