ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA BUDIDAYA LEBAH MADU Trigona sp KABUPATEN ACEH BESAR

Edi Saputra, Ainal Mardhiah, Mulyadi Mulyadi, Sari Wardani, Lia Handayani, Rahmat Munandar

Abstrak


Usaha budidaya lebah madu Trigona sp. merupakan usaha pengembangan dan penjualan produk hasil dari lebah. Usaha tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan produk madu yang terus meningkat. Besarnya permintaan terhadap kemampuan industri perlebahan dalam meningkatkan produksi madu, sehingga untuk mengatasi kondisi tersebut maka pengembangan usaha madu perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui besar Analisis Keuntungan usaha ternak lebah madu Trigona sp di Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan metode survei. Teknik sampling menggunakan cara observasi (metode sensus) dengan jumlah sampel 12 pengusaha lebah madu. Model Analisis data yang digunakan adalah Gross Margin (GM), Gross Ratio (GR), Operational Ratio (OR), Raturn On Invested Captical (ROIC) dan Net Farm Income (NFI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Farm Income (NFI) atau pendapatan bersih usaha lebah madu trigona sp di Kabupaten Aceh Besar sebesar Rp. 4,061,369.04. Usaha lebah madu trigona sp layak untuk diusahakan, yang ditunjukkan oleh nilai Raturn On Invested Captical (ROIC) usaha lebah madu trigona sp di Kabupaten Aceh Besar sebesar 7.99. Operational Ratio (OR) usaha lebah madu trigona sp pada di Kabupaten Aceh Besar sebesar 0.11 dan Gross Ratio (GR) usaha lebah madu trigona sp pada di Kabupaten Aceh Besar sebesar 0.04. yang berarti usaha lebah madu trigona sp di daerah penelitian mampu menghasilkan keuntungan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Musawwir. 2020. “Analisis Pendapatan Masyarakat Dari Budidaya Lebah Madu Trigona (Trigonasp) Desa Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.” Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar 1–40.

Fadli Ichwan, Defri Yoza dan Evi Sri Budiani. 2016. “Prospek Pengembangan Budidaya Lebah Trigona Spp. Di Sekitar Hutan Larangan Adat Rumbio Kabupaten Kampar.” 3:1–10.

Meutia Elma, Firdaus, Ainal mardhiah, Sari Wardani, Hasanah. 2022. “Analisis Pemasaran Kacang Tanah (Arachis Hypogea L) Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Kecamatan Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat.” 6(2):9–17.

Pasaribu, R., H. D. Putranto, and Sutriyono Jurusan. 2017. “Perbandingan Produksi Lebah Madu Apis Cerana Pada Dua Sistem Integrasi Yang Berbeda Di Kabupaten Rejang Lebong.” E-ISSN 2528-7109 432–43.

Pratiwi, Ni Putu Arin, Bahari Abdullah, and Muhammad Arief Dirgantoro. 2020. “Analisis Produktivitas, Keuntungan, Dan Efisiensi Biaya Usaha Budidaya Lebah Madu Trigona Sp. Di Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatan.” Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian. doi: 10.37149/jimdp.v5i3.11026.

Olukosi, J.O., S. U. Isitor and M. O. Ode (2012) Introduction to Agricultural Marketing Principles and Applications. Living Books Series, GU Publication, Abuja FCT, Nigeria




DOI: https://doi.org/10.47647/jar.v5i2.1110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-417X , e2721-0782


Indexed By :




Creative Commons License

Jurnal Agroristek Jabal Ghafur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.