PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR

Nada Fauzia, Eka Agustina, Maisura Maisura

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji, mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran
ekonomi kelas X SMA Negeri 1 padang Tiji dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi di SMA Negeri 1 Padang Tiji kelas X sebanyak 120 siswa. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu tes akhir (post-test). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik uji-t. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa nilai thitung menunjukkan perbedaan yang signifikan (dimana thitung > ttabel) yaitu 2,01 > 1,67, sehingga dari kriteria pengujiannya Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran Ekonomi kelas X SMA N 1 Padang Tiji. Disarankan bagi pihak sekolah, diharapkan berperan aktif dalam membina guru-guru atau pendidik untuk lebih memberikan variasi lagi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa tidak hanya monoton pada suatu keadaan dan kondisi pembelajaran semata.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Gallery Walk, hasil belajar dan pelajaran ekonomi


Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa'i. 2009. Psikologi Pendidikan . Semarang. Unnes Press

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta:

Aditya Media 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Hamalik, Oemar. 2001. Manajemen Pengembangan Kurikulum.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Margono, S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka

Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.