PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji, mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran
ekonomi kelas X SMA Negeri 1 padang Tiji dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi di SMA Negeri 1 Padang Tiji kelas X sebanyak 120 siswa. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu tes akhir (post-test). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik uji-t. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa nilai thitung menunjukkan perbedaan yang signifikan (dimana thitung > ttabel) yaitu 2,01 > 1,67, sehingga dari kriteria pengujiannya Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran Ekonomi kelas X SMA N 1 Padang Tiji. Disarankan bagi pihak sekolah, diharapkan berperan aktif dalam membina guru-guru atau pendidik untuk lebih memberikan variasi lagi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa tidak hanya monoton pada suatu keadaan dan kondisi pembelajaran semata.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Gallery Walk, hasil belajar dan pelajaran ekonomi
Full Text:
PDFReferences
Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa'i. 2009. Psikologi Pendidikan . Semarang. Unnes Press
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta:
Aditya Media 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Hamalik, Oemar. 2001. Manajemen Pengembangan Kurikulum.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Margono, S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka
Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.