PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 2 MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA

Zuraida Zuraida, Zufahmi Zufahmi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Meureude Pidie Jaya. Metode penelitian menggunakan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Meuredu berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dipilih secara randomsampling, sampel yang terpilih adalah siswa kelas X-1 berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model inquiri dan kelas X-2 berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional.Pengumpulan data menggunakan metode (1) pengamatan, (2) tes hasil belajar  dan  (3) dokumentasi serta (4) serta angket respon siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Mengunakan instrumen penelitian berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lember Kerja Siswa (LKS) dan tes hasil belajar berupa soal tes.Teknik analisis data dengan Analisispeningkatanhasilbelajar Gain yang dinormalisasi (N-gain) dan pengujian hipotesis  uji independent sample t-test(Uji-t).Tahapan model inkuiri dalam kegiatan pembelajaran terdiri dari orientasi masalah, merumus masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dengan mengalisis data serta membuat kesimpulan. Berdasarkan tahapan tersebut model inkuiri memiliki kesesuaian dengan materi Pencemaran lingkungan.  Hasil belajar setelah penerapan model Inkuiri pada materi Pencemaran lingkungan terjadi peningkatan dengan peroleh N-gain sedang serta kendala yang ditemukan penelitian sudah dicari alternatif solusi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri pada materi Pencemaran Lingkungan pada SMA Negeri 2 Meuredu Pidie Jaya dapat meningkatkan Hasil Belajar.

Kata Kunci : Model Inkuiri: Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan


References


Sastrawijaya.(2009).Pencemaran Lingkungan., Jakarta: Rineka Cipta

Silalahi.(2001).Hukum Lingkungan Dalam Sistem Penegakkan Hukum Lingkungan Indonesia, Edisi Ke-3, Bandung: Alumni

Agusmira, Hasliati. (2015) Penerapan Model Pembelajaran inkuiriDalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar DanMotivasi Siswa Pada Materi Sistem GerakPada Manusia Kelas Xi Di Sman 2Kluet Utara KabupatenAceh Selatan

Ali, Tabrani. (2005). Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi Jakarta: Rineka Cipta

Daud, Silalahi. (2003). Pengaturan Hukum Sumber Daya Air dan Lingkungan Hidup di Indonesia.Bandung: Alumni

Devita, (2014). Unesco Soroti Kesenjangan Kualitas Pendidikan diIndonesia: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160906155806-20156462/unesco-soroti-kesenjangan-kualitas-pendidikan-di-indonesia/diakses 20.08. 2018.

Djamarah. (2006). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2011. . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Grasindo persada, Jakarta.

Mahida, U,N,Pencemaran Air dan Pemanfaatan Limbah industri, CV. Rajawali,

Muhibbin. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Nugraha, Uus.(2012) Penerapan Model Pembelajaran inkuiriDalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bela Negara

Soemarwoto. (2004). Ekologi, Lingkungan Hidup Dan Pembangunan, Djambatan, Jakarta.

Subagyo. (2005). Hukum Lingkungan Masalah dan Penanggulannya. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. (2011).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo persada

Solihatin.(2012) .Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana.(2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Oksidasi Di Kelas X Sma Negeri 2 Siak Hulu. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Sudjana.(2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widyatun.(2011).Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wina sanjaya.(2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana

Winataputra.(2001). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Wardhana. (2001). Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogjakarta: Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.