PENGARUH PERILAKU SISWA TERHADAP PRESTASI BALAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 PADANG TIJI
Abstract
Penelitian yang berjudul’ Pengaruh Perilaku Siswa Terhadap Prestasi Balajar Pada Siswa SMA Negeri 1 Padang Tiji “. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh perilaku siswa terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 1 padang Tiji. Yang menjadi tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perilaku siswa terhadap prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Padang Tiji. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Padang Tiji yang berjumlah 393 siswa. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sebagai sampel sebesar 11% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 38 siswa. Teknik pengambil sampel dengan cara dokumentasi atau nilai prestasi siswa dan menyebarkan kuesioner. Teknik pengumpulan dalam instrument pada Penelitian ini akan menggunakan skala likert, dalam menjawab skala likert, responden hanya memberi tanda misalnya Cheklist atau tanda silang pada kemungkinan skala yang dipilihnya sesuai dengan pertanyaan. Teknik analisis data uji validitas dan uji t sehingga perbandingan antara rhitung dengan>rtabel pada table nilai-nilai product moment diperoleh hasil bahwa rhitung rtabel pada taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,495>0.3160 dan nilai hitung >tabel yaitu 2,730>2,042. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis Penelitian Ha yang diajukan diterima, dengan demikian terlihat ada hubungan antara perilaku siswa dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Tiji. Disarankan Penelitian selanjutnya, agar melakukan Penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan Penelitian ini. Dengan faktor-faktor lain yang berpengaruh/mempengaruhi perilaku siswa dan prestasi belajar siswa, sehinggan bisa memberikan sumbangsih dalam dunia pendidikan untuk tujuan pendidikan berkualitas.
Kata Kunci: Perilaku Siswa, Prestasi Belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2010:173). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. (2007:671). Pedoman Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Muhibbin Syah. (2010:10).Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryabrata , sumadi. (2005:77). Psikologi Pendidikan : Jakarta : Rajawali Pers.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.