PENERAPAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 1 INDRAJAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan media komik terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 1 Indrajaya. dan untuk mengidentifikasi tanggapan siswa dalam penerapan media komik terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 1 Indrajaya. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakuakn dengan cara observasi, angket dan tes, dalam penelitian ini uji validitas dilakukan dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS for Windows Versi 16.0. Pengujian validitas ini dilakukan terhadap 40 responden. Pengambilan keputusan dilakukan dengan cara membandingkan nilai r hitung (Corrected Item Total Correlation) dengan r table. hasil penelitian yaitu hasil regresi dari tabel diatas menunjukkan bahwa F hitung sebesar 75.022 atau 75.02 (pembulatan 2 angka dibelakang koma). untuk mengetahui F tabel, terlebih dahulu ditentukan derajat kebebasan (df1 dan df2). Dengan menggunakan signifikansi a = 5%, df1 (jumlah variabel – 1) = 3, dan df2 (n-k-1) atau 20-3-1 = 16 (dimana n adalah jumlah responden dan k adalah jumlah variabel independen). hasil thitung untuk variabel ini sebesar 8.662. Sementara itu, nilai pada tabel distribusi 5% sebesar 1.096. Maka thitung (1.096) > t tabel (1,729). Artinya, ada pengaruh Penerapan media komik terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 1 Indrajaya.
Kata Kunci. hasil belajar, mata pelajaran sejarah, media komik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Saberi, 2020. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Quantum Teaching
Ahmad Susanto, 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Agus Suprijono. 2019. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Andi Setiawan.2020. Belajar dan Pembelajaran, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Andriyani, F., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 341-350
Arif S. Sudiman dkk 2020. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo
Dunita, W. M., & Asril, Z. 2019. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Pkn Peserta Didik Kelas Iii Sd Negeri 27 Koto Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Tarbiyah al-Awlad, 9(1), 85-98
Fadillah Putri, Y. O. S. S. Y. 2019. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Vi Di Mi Al-Khairiyah Kangkung Di Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Juliandri, J., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Pedagogy, 7(2), 21-27.
Hamdani.2019.Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.
Hamid, Abi.2020. Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita
Hasan, dkk. 2021. Media Pembelajaran . Klaten : Tahta Media Group
Huda, Miftahul. 2019. Model-Model Pengajaran Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maryani, Y. 2020. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Teks Biografi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas X Smkn 3 Bandung. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 45-49
Munadi,Yudhi.2019. Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press
Permendikbud. 2022. Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian
Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta : Kemdikbud
Slameto. 2020. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sudjana, Nana 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soedarso, Nick. 2019 “Komik: Karya Sastra Bergambar”, dalam Visual Communication Design, School of Design.
Sudjana, Nana. 2020. Media Pembelajaran, (Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sujana, I. W. C. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar,
Trianto. 2019. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas Waluyanto. 2020. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran’, Nirmana, 7 No.1
Wina Sanjaya.2020. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.