PENERAPAN AMBARIDA CARD GAME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SIGLI KELAS VIII A PADA MATERI BRSD
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang dipelajari di SD, SMP, dan SMA. Akan tetapi lamanya waktu yang dihabiskan siswa untuk belajar bukanlah suatu jaminan pelajaran ini disukai. Banyak siswa tidak tertarik belajar matematika bahkan bukan rahasia lagi jika hampir seluruh siswa kurang atau bahkan tidak menyukai pelajaran ini. Siswa beranggapan matematika pelajaran yang sulit untuk di mengerti, pelajaran yang membosankan, tidak menarik, yang mengakibatkan mereka merasa malas, bosan, dan jenuh untuk mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini tentu akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa nantinya. Oleh karena itu harus ada sesuatu hal yang baru untuk meningkatkan motivasi, salah satunya dengan permainan matematika. Permainan matematika memiliki keunggulan dapat menumbuhkan kegembiraan dan tidak melelahkan dalam belajar sehingga bisa menjadi suatu alternatif dan sekaligus menjadi bagian dari metode pembelajaran yang aktif, kreatif, dan asik, karena permainan atau game banyak diminati oleh setiap anak atau siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Sigli Kelas VIII A pada materi BRSD dengan penerapan Ambarida Card Game. Subjek penelitian kelas VIII A SMP Negeri 2 Sigli, berjumlah 24 siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan motivasi awal yang dimiliki keseluruhan siswa adalah 53,7% meningkat menjadi 67,13% setelah penerapan Ambarida Card Game di pertemuan pertama. Di pertemuan kedua, motivasi yang dimiliki oleh siswa menjadi 74,17% dengan peningkatan sebesar 7%.
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R. W., 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran). Jakarta: Erlangga.
KBBI Daring, 2016. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pertiwi, A.B & Ningrum , D.N. Jurnal Equation. Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika.Volume 2 Nomor 1, Maret 2019, ISSN2599-3291 (Cetak), ISSN 2641-3933 (Online).
Prawira, P. A., 2016, Psikologi Pendididkan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.