PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MEDIA BUNGKER JEPANG (KUROK-KUROK) BAGI PESERTA DIDIK DALAM EKSPLANASI SEJARAH DI SMA N 2 SIGLI

Nina Suryana, Widia Munira, Putri Afia Nazila

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Sejarah Berbasis Media Bungker Jepang (Kurok-Kurok) dalam Eksplanasi Sejarah bagi Peserta Didik SMA Negeri 2 Sigli”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dalam eksplanasi sejarah siswa dan kendala yang diperoleh melalui penerapan pembelajaran sejarah berbasis media sejarah lokal di SMA Negeri 2 Sigli. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti dan siswa, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan LKS dan kuesioner. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat baik dari hasil rata-rata pre test dan post test yang meningkat setelah penerapan pembelajarn sejarah berbasis media Bungker Jepang (Kurok-Kurok) yang menunjukakan tingkat ketuntasan belajar sudah melebihi taraf ketuntasan yang sudah ditetapkan dalam eksplanasi sejarah bagi peserta didik. Kendala yang dihadapi dalam menerapkan penerapan pembelajarn sejarah berbasis media Bungker Jepang (Kurok-Kurok) adalah kurangnya pengembangan bahan ajar sejarah, kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana, dan faktor peserta didik itu sendiri yang beberapa diantaranya kurang bisa dikontrol perilakunya di dalam ruangan.

References


Far-Far, G., 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal Di Sma Negeri 5 Kota Ternate. Pedagog. J. Pedagog. Dan Din. Pendidik. 8, 109–117.

Iqbal, M., Salami, S., & Rahmi, L. Implementation of Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) to Reduce Academic Tension of the Students at Baldatul Mubarakah Islamic Boarding School. Journal of Community Research and Service, 7(1), 50-58.

Mulyadi, I. 2020. Eksistensi Dan Pelestarian Bunker Jepang Sebagai Objek Tinggalan Arkeologi Di Simeulue. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Primantono, S.B., Pamungkas, J.H., 2017. Studi Bunker Jepang Di Lumajang Tahun 1942-1945 5, 14.

Rohmah, A.N., 2017. Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Volume 09, No. 02, Oktober 2017, 18.

Sariyatun,Dkk. (2020). Pemanfaatan Situs Purbakala Candi Muaro Jambi Sebagai Objek Pembelajaran Sejarah Lokal Di Era Digital. Portal Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang. Vol.3, No.1. 2020.

Sirnayatin, T.A., 2017. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP Susunan Artik. Pendidik.

Susilo, A.A., 2020. Peran Guru Sejarah Dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. J. Komun. Pendidik.

Tafonao, T., 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. J. Komun. Pendidik. Vol.2 No.2, Juli 2018.

Wisnudarma, Dkk. Pemanfaatan Situs Cagar Budaya Bungker Jepang Sebagai Sumber Dan Media Pengembangan Pembelajaran Berbasis Sejarah Lokal Di Sma Negeri 4 Kota Kupang. Jurnal Sejarah. Vol.18 No.2, Desember 2021.

Yaumi, M. (2017). Belajar Dan Mengajar Dengan Media Dan Teknologi Pembelajaran. Watanpone, Sulawesi Selatan: Penerbit Syahadah.

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran. Pemanfaatan Media Bagi Anak Milenial Kerjasama. Universitas Muhammadiyah.

Zahro, M., 2017. The Implementation of The Character Education In History Teaching. Volume. 1 (2017) Issue. 1, 11.

Ziadi, A. 2017. Benteng Jepang Di Gampong Benteng Kota Sigli (Kajian Arkeologi). Universitas Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.