PENGARUH PEMBELAJARAN EKOSISTEM BERMUATAN NILAI RELIGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP SISWA DI SMA NEGERI 1 MEUREUDU

Mulida Lida Yani, Makawiyah Makawiyah, Safrijal Safrijal

Abstrak


                                                                   ABSTRAK

Hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Meureudu tergolong rendah atau kurang memuaskan karena 60% siswa tidak mencapai nilai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penguasaan konsep dan sikap siswa pada pembelajaran ekosistem bermuatan nilai religi. Metode yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group design dan terpilih kelas X IPA1 sebagai kelas kontrol dan X IPA2 sebagai kelas eksperimen masing-masing berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest, posttest dan angket. Analisis data untuk penguasaan konsep menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest masing-masing sebanyak 30 soal pilihan ganda, sedangkan untuk mengukur sikap siswa menggunakan angket yang mana untuk melihat sebagian besar skor indicator sikap yang dipersepsikan positif oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 3,969 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel(n1+n2-2, 0,05) = 2,021, yang berarti penerapan model pembelajaraan bermuatan religi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Meureudu pada materi ekosistem.

Kata Kunci : Pembelajaran Ekosistem, Nilai Religi, Konsep, Sikap


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisusilo. 2016. Pembelajaran Nilai-Karakter Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja

Alisuf Sabri, 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Aqib dan Sujak, 2015. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Ariwidodo, Eko. 2016. Penerapan Bioteknologi Versus Lingkungan Hidup: Perspektif Filsafat Hukum. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Bessy, E. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Penerapan Metode Berbasis Tugas Proyek Bagi Siswa Kelas X Smester Ii Sman 5 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2015/2016. EDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maluku Utara (Juni, 2015). 14(2) : 482-493

Fathurrohman, 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyayakarta: Ar-ruzz Media.

Fitri, Jaelani; Sumiyati Sa’adah; dan Iwan Ridwan Yusup. 2019. Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Ekosistem melalui Penerapan Model Problem Posing Learning Berbasis Dongeng Sains (PPL-DS). Bioeduin Vol. 9 No (01).

Lubis dan Zubaedi (2016. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. (Yogyakarta: CV. Multi Persindo) Hal. 24.

Muchsin, Mariati. 2020. Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences. 3(2) : 1453-1458

Mulyasa, 2013, Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum. rosdakarya bandung.

Nana Sudjana. 2015. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar. Baru Algensindo

Ngalim Purwanto, 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riszkibaeti, Asri Dwi. 2020. Pengaruh Pembelajaran Ekosistem Bermuatan Nilai Religi terhadap Penguasaan Konsep dan Sikap Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sahlan, 2016. ektivitas blended learning terintegrasi model pemetaan Bloom–Rederker–Guerra (B–R–G) memberdayakan self-regulated learning peserta didik. In Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM.

Sauri. 2017. Pengantar Etika Lingkungan Dan Kearifan Lokal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trow, 2015. Penciptaan Fotografi Surealisme Human And Time. Jurnal Rekam. Vol. 12, No. 2, Oktober 2015

Utami, 2017. Pengaruh Disiplin Kerja dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Divisi Marketing PT. Victory International Futures Kota Malang)’, Administrasi Bisnis, 50(6), pp. 58–67.

Widoyoko, Eko. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka belajar

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.

Yudianto (2009. Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah’, Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi Vol., 1(1), p. 2.

Zainuddin, 2016, Metode Penelitian Hukum, Jakarta : Sinar Grafika.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.