SOSIALISASI BRAND PADA PRODUK PERTANIAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL

Ainal Mardhiah, Sari Wardani, Nurhayati Nurhayati, Lia Handayani, Cut Rahmawati, Edi Saputra

Abstract


Produk hasil pertanian memiliki potensi pasar yang sangat baik, tidak hanya di pasar lokal, nasional maupun pasar internasional yang banyak diminati oleh konsumen. Salah satu faktor yang menjadi kendala dalam memasarkan produk pertanian yaitu produk yang di pasarkan belum memiliki brand dan masih menggunkan kemasan sederhana. Maka untuk meningkatkan penjualan produk pertanian perlu dilakukan sosialisasi brand pada produk pertanian untuk meningkatkan nilai Jual. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan sebagai berikut: Presentasi, bimbingan/tutorial, diskusi dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi terlihat bahwa peserta memiliki tingkat pemahaman materi yang baik. Hal ini terlihat dari hasil diskusi dan kuesioner sekitar 90% peserta sudah paham akan pentingnya manfaat brand yang menarik untuk meningkatkan nilai jual pada produk pertanian. Para peserta sangat aktif dalam kegiatan diskusi hal ini menunjukkan tingginya antusiasme peserta terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

Kata kunci: Sosialisasi, Brand, Produk Pertanian


References


Diarta, I., Putu Lestari, and Ida Dewi. 2017. “Strategi Branding Dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali Untuk Pasar Pariwisata Indonesia.” Jurnal Manajemen Agribisnis (Journal Of Agribusiness Management) 4(2):170–87.

Nugrahaini, Resti Lusan, Nunuk Adiarni, and Mudatsir Najamuddin. 2014. “Analisis Penguatan Merek Dalam Membentuk Ekuitas Merek Pada Minuman Sari Buah BB (Studi Kasus: Mahasiswa di Fakultas Sains Dan Teknologi).” Agribusiness journal.

Sujanto, Angela Maria Nadya, Brian Alvin Hananto, Fredella Agatha, and Lorentius Calvin. 2020. “Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Untuk Produk Kue Muffin Brand Crav’fin.” in Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi (SENADA).

Vidada, Irwin Ananta. 2012. “Strategi Merek Dalam Pemasaran Produk.” Jurnal Widya Cipta.

Wahyuni, Esa Diya. 2021. “Strategi Memanfaatkan Peluang Pasar Produk Pertanian Dalam Perdagangan Internasional.” Jurnal Ekobistek.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity. Journal of the Electrochemical Society

Wibowo, Adhika, Birmanti Setia Utami Setia Utami, and Peni Pratiwi. 2020. “Perancangan Visual Brand Identity Tukang Sayoer Online Sebagai Upaya Menaikkan Brand Awareness.” Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain.

Wijaya, Andy Usmina, and Nurul Hudi, Argajendra Sentot. 2019. “Advokasi Merek Usaha Pada Wirausaha Pemula Di Kecamatan Prambon Sidoarjo.” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR).

Yola, Enrico, and Louis Utama. 2021. “Pengaruh Kesadaran Merek, Nilai Produk Dan Keunikan Merek Terhadap Loyalitas Merek Uniqlo Di Batam.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan.

Yuliatmoko, Welli. 2011. “Inovasi Teknologi Produk Pangan Lokal Untuk Percepatan Ketahanan Pangan.” Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i1.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.