PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA BELAJAR BIOLOGI BERBAHAN DASAR BARANG BEKAS DI SMAN I MILA KABUPATEN PIDIE
Abstract
Media belajar adalah salah satu sumber belajar yang membantu guru untuk memperjelas makna materi ke siswa dan membantu mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan. Media belajar Biologi dapat dibuat sendiri oleh siswa dengan memanfaatkan barang bekas di sekitarnya. Oleh karena itu sangat perlu untuk dilakukan pendampingan untuk memotivasi dan memicu kreativitas siswa. Kegiatan pendampingan pembuatan media belajar Biologi bertujuan untuk memberikan kemudahan dan menghilangkan kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran dan mengembangkan berbagai alternative media sederhana yang kreatif dan berkesinambungan sedemikian rupa, sehingga mampu membantu anak didik tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kritis,kreatif,mandiri,dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Rangkaian kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan, yaitu persiapan, pendampingan dan evaluasi. Peserta merupakan siswa SMAN I Mila Kabupaten Pidie dan guru matapelajaran Biologi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) pertemuan. Hasil pelaksanaan kegiatan yaitu adanya produk berupa media belajar Biologi berbahan dasar barang bekas yang dapat diimplementasikan pada pembelajarn konsep sel, virus, sistem pernapasan, sistem sirkulasi dan sistem eksresi. Hasil sebaran angket memperlihatkan peserta memberikan respon sangat baik terhadap pelaksanaan kegiatan (85,87%) dan menjadikan siswa sangat kreatif (85,15%).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fatahullah, M.M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 7. Edisi 2 :237 – 252.
Irianto, A., Rusmiati,S.H., Juniarso, T. Dan Fanny, A. M. (2018). Pemanfaatan Bahan Bekas Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru SD di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto Propinsi Jawa Timur. SNRP-1. : 367 – 371.
Kartikawati, E, Ranti An Nisaa dan Maesaroh (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sel Dengan Memanfaatkan Kertas Bekas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 5 (3) : 305 – 311.
Khoirina, A., dan Arsanti., M (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Daring Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Hal : 992 – 997.
Laila, A., & Shari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. Vol. 3 (1) : 171 -.187
Rachmadyanti, P., Gunansyah,G., dan Subagio, M. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kreatif dari Barang Bekas Bagi Guru- Guru SD di Kecamatan Wonosalam Jombang Jawa Timur. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Vol. 7 (1) : 62 – 71.
Saniah, S.L., dan Pujiastuti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SD Bakung III. Jurnal Sosialisasi . Vol. 8 (2) : 76 – 80.
DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i1.998
Refbacks
- There are currently no refbacks.