UPAYA MEMPERKENALKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI SDN SAKAKAJANG 1

Rizka Alfiani, Rahmadi Nirwanto, Akhmad Ali Mirza, Nemi Nemi, Nurul Wahdah

Abstrak


Pengenalan bahasa inggris sejak dini termasuk hal yang sangat penting, meskipun pengajaran bahasa inggris kepada peserta didik di Sekolah Dasar bukanlah hal yang mudah. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini ialah mengajarkan dan memperkenalkan kosakata Bahasa Inggris menggunakan metode Demonstrasi agar dapat meningkatkan kemampuan atau penguasaan dalam penghafalan kosakata Bahasa Inggris. Kosakata adalah hal yang paling utama dan penting yang harus dipahami ketika mempelajari bahasa, karena tanpa adanya pengetahuan tentang kosakata akan mempersulit dalam mempelajari bahasa. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam pengabdian ini, yaitu membuat jadwal untuk pembelajaran kosakata bahasa inggris, menyampaikan materi kosakata bahasa inggris kepada siswa, mengajak siswa untuk mengulang kosakata yang diucapkan, dan melakukan pengujian dengan siswa maju ke depan kelas untuk menyampaikan kosakata yang telah dikuasai. Pengabdian ini dilakukan di SDN Sakakajang 1 yang berlokasi di Desa Saka Kajang, Kec. Jabiren Raya, Kab. Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Proses pembelajaran pada kegiatan pengabdian ini yang dilakukan adalah mengajarkan kosakata bahasa inggris yang benar dan menyenangkan sehingga siswa tertarik dan senang dalam belajar bahasa inggris. Dari hasil pengabdian yang telah dilakukan, demonstrasi memiliki tingkat efektifitas yang cukup tinggi dalam pengenalan kosakata bahasa inggris kepada anak Sekolah Dasar. Selain itu, hasilnya siswa telah menguasai beberapa kosakata bahasa inggris yang telah diajarkan.

Kata kunci: Kosakata, Bahasa Inggris, Demonstrasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alqahtani, M. (2015). The Importance of Vocabulary in Language Learning and How To Be Taught. International Journal of Teaching and Education, 3(3).

Asyiah, D. N. (2017). The Vocabulary Teaching and Vocabulary Learning: Perception, Strategies, and Influences on Students’ Vocabulary Mastery. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(2), 293-318.

Bhidju, R. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi. Ahlimedia Book.

Fitria, T. N. (2022). Pengajaran Kosakata Dasar Bahasa Inggris (English Basic Vocabulary) dengan Metode Drilling Untuk Anak-anak Desa Kalangan Mulur Sukoharjo. LAMAHU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 67-72.

Mahayana, I. M. A., Muliawan, M. S. D., & Yamawati, N. K. S. (2022). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Kepada Siswa SD 1 Ubud Melalui Permainan dan Lagu, Community Services Journal (CJS), 4(2), 180-186.

Ningsih, A. M., & Afningsih, N. (2019). Pelatihan Teknik “Drilling” Dalam Pengajaran Pengucapan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN, 2(1), 397-401.

Rusiana & Nuraeningsih. (2016). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through TPR Storytelling. Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 1(1), 49-61.

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 9(2), 95-105.

Pohan, S., Irmayana, A., Husainah, N., & Saputra, F. B. (2022). Memperkenalkan Vocabulary Melalui Lagu pada Anak SD. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 304-308.

Sahrawi., Hafia, M., Sari, S. S., & Astuti, D. S. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Games untuk Menarik Minat Belajar Siswa SMP Awaluddin. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 166-175.

Rufaeda, E. R. 2017. Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. https://sumsel.kemenag.go.id/berita/view/284750/metode-demonstrasi-pada-pembelajaran-bahasa-inggris. Sabtu, 03 Desember 2022.




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i2.965

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

  

Indexed by:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

 
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.