PENERAPAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KEPADA SISWA SD BERENG KAJANG – 1

Fina Fatika Nurmala Sari, Nurul Usryawati, Nurul Wahdah, Rahmadi Nirwanto, Zaitun Qamariah

Abstract


Pembelajaran bahasa inggris pada siswa sd sangat penting untuk menambah pengetahuan mereka di bidang bahasa, untuk mengajar bahasa inggris di bidang sekolah dasar perlu mempertimbangkan materi yang cocok untuk diajarkan kepada siswa. Kosakata bahasa inggris cocok untuk dipelajari oleh siswa sekolah dasar, dengan mempelajari kosakata bahasa inggris hal ini dapat membantu memperkaya bahasa pada siswa. Pelaksanaan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di SDN Bereng Kajang – 1, desa Tumbang Nusa, kecamatan Jabiren Raya, kabupaten Pulang Pisau. Mahasiswa MBKM membantu untuk mengajar di sekolah tersebut, permasalahan yang ada ialah tidak adanya pembelajaran tentang bahasa inggris, karena guru muatan lokal tidak memiliki basic atau dasar dalam bahasa inggris. Maka dari itu program MBKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa mengambil materi pembelajaran bahasa inggris dasar  tentang vocabulary, untuk diterapkan. Metode pembelajaran menggunakan  metode demonstrative, hasil pembelajaran yang diperoleh oleh siswa, 1) Kelas 5 dan 6 sekitar 85% siswa yang betul-betul memahami materi dengan baik, 2) Kelas 4 sekitar 75% yang betul-betul memahami materi dengan baik, 3) Kelas 3 dan 2 sekitar 70% yang betul-betul memahami materi dengan baik, 4) Kelas 1 sekita 60% yang memahami materi. Dengan adanya program MBKM ini diharapkan siswa SDN Bereng Kajang – 1 dapat mengetahui, memahami dan menguasai tentang kosakata bahasa inggris.

Kata Kunci: penerapan, kosakata Bahasa Inggris, siswa SD


References


Alit, I Gst Ayu Nyoman. 2019. “Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas Iii Semester I Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Sd Negeri 22 Dauh Puri.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 73.

Atmaja, Aisyah Siti Khasanah, Gina Sonia. 2020. “USING FLASH CARDS TO IMPROVE STUDENTS ’ VOCABULARY.” Professional Journal of English Education 3(2): 283–89.

Bai, Zhihong. 2018. “An Analysis of English Vocabulary Learning Strategies.” Journal of Language Teaching and Research 9(4): 849–55.

Endayani, TB, Cut Rina, and Maya Agustina. 2020. “Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5(2): 150–58.

Maili, Sjafty Nursiti. 2018. “BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR : MENGAPA PERLU DAN MENGAPA DIPERSOALKAN.” JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) 6: 23–28.

Ngarofah, Siti, and Ani Sumarni. 2018. “TEACHING VOCABULARY USING FLASHCARD.” Professional Journal of English Edycation 1(6): 775–82.

Ningsih, Maria G Sri, and Noni Mia Rahmawati. 2018. “Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Para Siswa Sekolah Dasar Di Rumah Belajar Sosial.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 3(1).

Pendidikan, Menteri, D A N Kebudayaan, and Republik Indonesia. 2014. “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA.”

———. 2020. “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA.” (47).

Setiawan, M Rizky et al. 2020. “The Effectiveness of Quizlet Application towards Students ’ Motivation in Learning Vocabulary.” Studies in English Language and Education 7(1): 83–95.




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i1.964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.