MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA PADA KELAS TAMBAHAN DI SMPN- 1 JABIREN RAYA

Nordiana Nordiana, Wiwi Kusuma, Sabarun Sabarun, Hesty Widiastuty, Nurul Wahdah

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa di SMPN 1 Jabiren Raya pada kelas tambahan belajar membaca dan menulis dari beberapa siswa yang kemampuan membaca dan menulisnya masih kurang.. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi.yaitu metode dengan memperagakan bacaan maupun secara langsung lalu siswa mengikuti dengan mengulang bacaan maupun yang telah diperagakan.  Subjek yang mengikuti kelas tambahan adalah 20 Siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan membaca dan menulis meningkat ketika menerapkan metode demonstrasi. Metode yang diterapkan dalam mengajar membaca dan menulis ini ada tiga kategori yang akan diajarkan. Kategori pertama siswa yang tidak hapal huruf abjad, setelah diajarkan dengan metode demonstrasi siswa jadi hapal. Kategori yang kedua, siswa yang hapal huruf abjad namun tidak bisa membaca, setelah diajarkan dengan metode demonstrasi pula siswa jadi bisa lebih lancer membaca. Kategori yang ketiga siswa yang bisa membaca  namun tidak bisa  menulis, setelah diajarkan dengan metode demonstrasi siswa jadi bisa menulis. Dengan begitu dapat dilihat bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan kemampuan membac dan menulis.

Kata Kunci: Meningkatkan, Membaca dan Menulis, Kelas Tambahan


References


-, P. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLANNEL PINTAR KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA BANTUL. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 83–91. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15683

Aini, B. H. Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 Suralaga Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 65–75. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.254

Barasandji, S. (n.d.). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku Timur. 3(1), 14.

Gianistika, C. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI MELALUI PETUALANGAN MAHARAJA DIKELOMPOK B TK NURUL ISLAM KARAWANG. 7.

Ilman Hanafi Destian, Dwiana Asih Wiranti, & Widiyono, A. (2022). Strategi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD di Masa Pandemi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 197–203. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i2.778

Marli, S. (n.d.). PENIGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR. 9.

Puspitorini, T. D. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN. 11.

Saonah, S. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS I SD NEGERI 222 PASIR POGOR. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1). https://doi.org/10.31949/jee.v1i1.812

Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF DAN MENULIS KREATIF PADA SISWA SMA DI JAKARTA. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 149. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5568

Sobari, T., Abdurrakhman, D., & Azzahra, I. S. S. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DAN MEMBACA MELALUI IMPLEMENTASI KULTUR LITERASI SISWA SMP. 3(2), 11.




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i1.962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.