PENGENALAN STARTUP KEPADA MASYARAKAT DI GAMPONG PALOH KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE

Sayed Achmady, Laila Qadriah, Husaini Husaini, Muhammad Aidil Fitra

Abstrak


Pesatnya perkembangan bisnis sejalan dengan perkembangan dunia internet dan media online, serta bermunculan berbagai perusahaan baru yang berbasis website, dan perusahaan-perusahaan tersebut disebut dengan startup. Dalam membangun sebuah startup tentunya dibutuhkan langkah-langkah awal yang harus dilalui. Secara umum acuan untuk membangun startup lebih berfokus pada tahap manajemen. Namun startup tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi informasi untuk mendukung kelancaran dalam mengembangkan bisnis startup tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendorong minat masyarakat khususnya di desa paloh kecamatan pidie kabupaten pidie dalam menciptakan ide bisnis startup yang berbasis pada teknologi informasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk talkshow atau seminar dengan menganalisis dan merancang apa saja kebutuhan yang diperlukan dalam pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan apresiasi dari para peserta di desa tersebut yang tertarik untuk mulai membangun startup di berbagai sektor seperti bidang kuliner, fashion, jasa, dan lain sebagainya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afdi, Z., & Purwanggono, B. (2017). Perancangan Strategi berbasis Metodologi Lean Startup untuk Mendorong Pertumbuhan Perusahaan Rintisan berbasis Teknologi di Indonesia. Industrial Engineering Online, 6(4), 2.

Fitta, R., Dewi, F. I. ., & Idulfilastri, R. M. (2020). The Role of Job Insecurity and Organizational Commitment to Turnover Intention on Startup Employee. Proceedings of the 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020), 478(Ticash), 561–565. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.086.

Hadi, A. (2018). Bridging Indonesia’s Digital Divide: Rural-Urban Linkages? Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 22(1), 17. https://doi.org/10.22146/jsp.31835.

Junita, I. (2019). Transformational Leadership in Digital Era: Analysis of Nadiem Makarim (Founder of GO-JEK Indonesia) Leadership Figure. Integrated Journal of Business and Economics, 3(1), 80. https://doi.org/10.33019/ijbe.v3i1.106.

Neumann, G., & Shoewu, E. O. (2013). Assessment Of Maintainability Factor. International Journal of Computer Science Engineering and Information Technology Research (IJCSEITR), 3(3), 29–42.

Setiawan, A. B. (2018). Revolusi Bisnis Berbasis Platform Sebagai Penggerak Ekonomi Digital Di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 61. https://doi.org/10.17933/mti.v9i1.118.

Yusuf, Y. M., Prastyo, D. A., Khaerunnisa, L., & Raharjo, S. T. (2020). Implementasi Program Corporate Social Responsibility Oleh Perusahaan Unicorn Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 252. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.26214.




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v1i2.894

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




  

Indexed by:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

 
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.