PELATIHAN PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN MIKROSKOP DI SMAN I MILA KECAMATAN MILA KABUPATEN PIDIE

Rahmi Agustina, Ervina Dewi, Ainal Mardhiah

Abstract


Mikroskop adalah salah satu media penunjang dalam pembelajaran Biologi. Dengan mikroskop benda atau organisme yang tidak mampu untuk dilihat oleh pancaindera manusia dapat teramati dengan jelas.  Dalam perkembangannya mikroskop mampu mempelajari organisme hidup yang berukuran sangat kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, sehingga mikroskop memberikan kontribusi penting dalam penemuan mikroorganisme dan perkembangan sejarah mikrobiologi. Tujuan dilaksanakan program ini yaitu meningkatkan kualifikasi dan kapasitas pengampu mata pelajaran Biologi dan siswa  melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan dan merawat mikroskop, keterampilan menyiapkan preparat segar tumbuhan serta keterampilan memdokumentasikan dan memvisualisasikan hasil pengamatan. Sasaran kegiatan ini adalah guru dan siswa di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab serta demonstrasi untuk menyiapkan preparat segar tumbuhan, menggunakan mikroskop dengan benar serta mendokumentasi hasil pengamatan. Sampel tumbuhan yang digunakan adalah alang-alang (Imperanta cylindica) dan terung-terungan (Solanum sp). Hasil yang dicapai adalah peserta mampu menggunakan mikroskop untuk mengamati objek dan mampu merawat mikroskop pasca penggunaan. Terjadi peningkatan keterampilan dalam menyiapkan preparat segar tumbuhan dan mendokumentasikan serta memvisualisasikan hasil pengamatan. Peserta terlihat sangat antusias dan tertarik karena mampu mengamati jaringan tumbuhan langsung di bawah mikroskop. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan penggunaan dan pemeliharaan mikroskop bagi guru dan siswa di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dari setiap aspek yang diukur

Kata kunci: Mikroskop, Keterampilan, Pembelajaran Biologi


References


Anonim. (2021). Data Sekolah SMAN 1 Mila. https://data-sekolah.sekolah-ita.net/sekolah/SMAN%201%20MILA_168749. Diakses pada tanggal 17 November 2021

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hudha, A.M., (2011). Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, Volumu 1, Nomor 1.

Sariwati, A. Shofi, M., Badriyah, L. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Media Pertumbuhan Tanaman Hidroponik. Journal of Community Enggagement and Empowerment 1(1) : 6-13

Shofi, M. (2019). Pemberdayaan Anggota PKK Melalui Pembuatan Lilin Aromaterapi. Journal of Community Enggagement and Empowerment 1(1) : 40-46.

Sundari, R., (2013). Evaluasi pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri Sekabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 12, Nomor 2.

Suprapto, Purwati K., Mufti Ali dan Egi Nuryadin. (2018). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop Bagi Guru-Guru IPA Madrasah Tsanawiyah (MTs) Di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi ,Volume 4, Nomor 1




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v1i1.655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.