Edukasi Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur menjadi Pupuk Organik

Ainal Mardhiah, Sari Wardani, Mery Silviana, Meliyana Meliyana, Ma'wa Ma'wa, Gustiana Gustiana, Miftahul Akhyar

Abstrak


Desa lamnga kabupaten aceh besar kaya akan sumber daya baik dibidang pertanian dan perikanan dan lahan perkarangan di miliki cukup luas untuk kegiatan budidaya sayuran. Salah satu aktifitas yang dikegemari oleh masyarakat setempat khusunya ibu-ibu adalah menanam sayur-sayuran pada lahan perkarangan untuk memenuhi kebutuhan serat keluarga mereka. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk kimia yang mereka beli di toko pertanian yang harganya pun mengalami peningkatan, meskipun begitu ada juga beberapa masyarakat yang menggunakan pupuk organic dari sekam dan kotoran hewan. Tujuan PKM ini untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi tentang pemanfaatan limbah cangkang telur sebagai pupuk Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa lamnga menunjukkan bahwa Persepsi masyarakat terhadap kegiatan ini sangat positif, hal ini ditunjukkan dengan antusias masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berdiskusi terkait dengan manfaat cangkang telur dan pengolahan limbah cangkang telur menjadi pupuk organic. Kegiatan edukasi ini memberikan wawasan baru bagi masyarakat untuk dapat mengelola limbah cangkang telur menjadi pupuk organic, selain itu edukasi ini juga dapat membatu masyarakat setempat untuk menjaga kelstarian lingkungan agar tetap terjaga dan tetap lestari

Kata kunci : Edukasi, Cangkang Telur, Pupuk Organik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agnes Sentani Klau, Phengkarsa, F., & Sanggaria, O. J. (2021). Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur Sebagai Bahan Substitusi Semen Pada Beton. Paulus Civil Engineering Journal.

Ellya, H., Nurlaila, N., Sari, N. N., Apriani, R. R., Mulyawan, R., Purba, F., & Fithria, S. (2021). Pendampingan Introduksi Bayam Brazil Sebagai Sayur Pekarangan Di Kota Banjarbaru. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.

Iqbal, & Bahri, S. (2023). Pertanian Organik Dan Gaya Hidup Sehat (Organic Farming and Healthy Lifestyle). Jurnal Abditechno.

Lestari, N. N. A. J., & Saputra, I. G. N. W. H. (2023). Pengolahan Limbah Cangkang Telur Menjadi Pupuk Organik di Desa Kerobokan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat).

Mardhiah, A., Putri, N., Apriliani, D., & Handayani, L. (2022). Peningkatan Nilai Tambah Kulit Ikan Tuna sebagai Bahan Baku Pupuk Organik Cair. Jurnal Pascapanen Dan Bioteknologi Kelautan Dan Perikanan.




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i2.1849

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

  

Indexed by:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

 
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.