PELATIHAN DESAIN LANDING PAGE UNTUK PEMASARAN HASIL PERTANIAN MASYARAKAT GAMPONG BAROH KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE

Laila Qadriah, Sayed Achmady, Maryanti Maryanti, Husaini Husaini, Usyur Fajarna

Abstract


Kemajuan terbaru dalam teknologi telah mempengaruhi hampir setiap aspek pemasaran. Salah satu dampak kemajuan teknologi dalam aspek pemasaran adalah penggunaan digital marketing. Keuntungan menggunakan digital marketing yaitu dapat meningkatkan pemasaran suatu produk. Saat ini, proses pemasaran hasil pertanian yang dilakukan oleh masyarakat petani yang ada di Gampong Baroh, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, masih dilakukan melalui personal selling. Proses pemasaran seperti dirasa kurang efektif dan efisien. Strategi pemasaran yang banyak diterapkan oleh pelaku usaha dalam melakukan promosi saat ini adalah melalui digital marketing melalui media landing page. Berdasarkan hal tersebut maka tim pengabdi mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan landing page untuk membantu memperluas proses pemasaran hasil pertanian yang dihasilkan oleh petani di Gampong Baroh. Manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, agar petani yang ada di Gampong Baroh dapat meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan digital marketing khususnya pemanfaatan landing page dalam proses pemasaran hasil pertanian, sehingga pemasaran hasil pertanian menjadi luas dan meningkat.  


References


Abidin, A.P., Saryanto, D., Susanto, H., Dianto, A.K. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Alih Fungsi Komoditi padi Sawah ke Tanaman Bawang Merah di Desa Beton Kabupaten Gresik. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper" Peran Perempuan Sebagai Pahlawan di Era Pandemi" (pp. 110-118). PSGESI LPPM UWP.

Anggarini. (2021). Karakteristik Landing Page pada Website Lomari. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A critical review of digital marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321-339.

Dupont, J., Harff, S., Park, S., Linder, K.E. (2018). Marketing Online Degress to Adult Leaners: Staff, Resourcess, and Key Strategies. In Leading and Managing e-learning.(pp.321-34).

Nugroho, A., Kartadie, R., & Hudianti, E. (2022). Pelatihan Online Marketing Bagi Pengusaha Tanaman Dalam Rangka Pengembangan Usaha Tanaman Hias. Jurnal Pengabdian Masyarakat-Teknologi Digital Indonesia, 1(1), 22-30.

Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Science and Society, 3(1), 40-55.

Sari, D.K., Pebrianggara, A., Oetarjo, M. (2021). Digital Marketing. UMSIDA Press.

Tiago, M. T. P. M. B., Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? .Business horizons, 57(6), 703-708.

Upadani, I. G. A. W., Martha, G. I. R., Suryawan, I. K. D. (2023). Pengembangan Usaha Pertanian Kopi Melalui Pemasaran Digital di UUP. Catur Paramitha. Widya Laksana, 12(1).

Veranita, M., Syahidin, Y., & Gunardi, G. (2019). Mengembangkan UKM Melalui Pelatihan Internet Marketing Di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 1(1), 41-48.




DOI: https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i1.1650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.