SISTEM PEMETAAN TEMPAT PENIMBUNAN SAMPAH DI DAERAH KOTA SIGLI MENGGUNAKAN WEBGIS

Yuswardi Yuswardi, Muhammad Zuhri

Abstrak


Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan system yang dapat mendukung pengambilan keputusan Spasial dan mampu menyatukan deskripsi-deskripsi lokasi sampah yang ditemukan pada daerah penimbunan. Kota Sigli merupakan sebuah kota yang terdapat dalam Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Supaya menjadi salah satu sarana untuk penyampaian informasi. Terutama untuk informasi-informasi yang berhubungan dengan data Spasial. SIG ini berfungsi untuk menampilkan data-data penimbunan sampah. Data lain yang diperlukan dalam penimbunan sampah di daerah kota Sigli dengan menggunakan Quantum GIS (QGIS).Seperti halnya informasi untuk deskripsi wilayah-wilayah penimbunan sampah didaerah kota Sigli, yang menampilkan data jumlah lokasi penimbunan, serta untuk jalan pada tiap-tiap penimbunan tertentu. SIG ini dibangun dengan Quantum GIS dan bahasa pemograman PHP sebagai tampilan hasil outputnya.Sehinggadengan adanya SIG ini, pihak yang bersangkutan mampu mendapatkan informasi akurat untuk pemetaan lokasi penimbunan sampah di daerah kota Sigli Kabupaten Pidie Provinsi Aceh.

.

Kata kunci:Penimbunan, Quantum, System Informasi Geografis, Spasial,Webgis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bernhardsen, T. (2002). Geographic information systems: an introduction. John Wiley & Sons.

AzizMuslim, Much. 2005. Webgis Untuk Bank Swasta Di Kota Semarang.

AzkaRamadhani, Habib. 2016. Aplikasi WEBGIS Untuk Informasi Persebaran Sekolah Menengah Atas Dan Madrasah Aliyah Di Kabupaten Kudus Menggunakan Here Map Api.

Fitri Soimah Kusuma, Wardani. 2015. Sistem Informasi Pemetaan Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Bantul Menggunakan Quantum GIS.

Muludi, Kurnia. 2013. Perancangan WEBGIS Penyebaran Wabah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria di Kota Bandal Lampung.

Siswanto, Joko.2016. Rancang Bangun WEBGIS Pemetaan Lokasi Panti Social Menggunakan PMAPPER.

Harmon, J. E., & Anderson, S. J. (2003). The design and implementation of geographic information systems. John Wiley & Sons.

Yuswardi, Y. (2020). SISTEM INFORMASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH BERBASIS WEB. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 77-85.

Masra, Y. R. (2019). Sistem Informasi Geografis Lokasi Pendistribusian Raskin Pada Perum Bulog Berbasis Web. Jurnal Real Riset, 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.