STRATEGI DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI KABUPATEN PIDIE JAYA DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Zulfikar, Zulfikar

Abstrak


Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, setiap daerah pasti mempunyai permasalahan, tak terkecuali permasalahan ekonomi, Usaha mikro kecil dan menengah atau yang biasa di singkat UMKM memiliki posisi penting dalam membangun perekonomiannya,Pelaku UMKM di Pidie Jaya nyaris tak ada sentuhan dan kepeduliaan sama sekali dari Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, untuk melakukan pengembangan usaha kecil menengah yang sudah mereka tekuni selama bertahun-tahun, bak kata pepatah “hidup segan matipun tak mau.”Rumusan Masalah dalam penelitian, Bagaimana strategi dinas perindustrian perdagangan dan koperasi pidie jaya dalam mengembangkanusaha  mikro kecil dan menegah?, Upaya upaya apa saja yang dilakukan untk meningkatkan usaha  Mikro Kecil dan Menegah.Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan maupun peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat mengungkapkan fakta dan memberikan gambaran secara obyektif tentang keadaan sebenarnya dari objek yang diteliti, Dinas Perindustrian Perdagangan Dan Koperasi Kabupaten Pidie jaya bertujuanuntuk lebih berinovasi lagi dalam kegiatan produksi UKM sehingga dapat lebih maksimal dan dapat bersaing dengan daerah lainnya. Dinas memberikan pelatihan kewirausahan dilakukan satu tahun 3 kali dengan cara mengundang narasumber dari luar kota.Dari berbagai upaya yang telah dilakukan, pemerintah berharap UKM di Pidie Jaya ini dapat menembus pasar Internasional dan dapat membanggakan daerahnya. Dinas Perindustrian Perdagangan Dan Koperasi Kabupaten Pidie jaya sudah sempurna dalam memberikan pengetahuan yang lebih banyak maka akan dapat membantu pemilik usaha dan pekerja dalam mengelola usahanya tersebut. Namun, pada kenyataannya kebanyakan dari mereka tidak mengikuti sosialisasi tersebut karena kurangnya informasi

Kata kunci: Strategi, pengembangan, Usaha Mikro


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Ali Zaenal. Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanggerang Selatan. Juli 2017

David dan Fred R. Manajemen Strategi: konsep-konsep. Jakarta: INDEKS Kelompok Gramedia, 2006

Kuncoro, Mudrajad. 2000. Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Pratiwi, Sundari. Strategi Pemberdayaan UMKM Sektor Peternakan Ayam Organik (Studi Pada Koperasi Hidayah Sumatera Utara). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSU, 2016

Punaji Setyosari.2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rangkuti, Freddy.Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2003

Sudaryanto dan Hanim,Anifatul. 2002. Evaluasi kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean(AFTA): Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen,

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.