PENGARUH PELUANG DAN ANCAMAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK OPPO DI TOKO DUTA PONSEL KOTA BAKTI

Cut Yusnidar, Ayu Muliana

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui “Pengaruh Peluang, dan Ancaman terhadap Kepuasan Konsumen pada Produk Oppo di Kota Bakti. (Studi kasus di Duta Ponsel Kota Bakti Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie)”. Dimana variabel independen yaitu Peluang, dan Ancaman serta Kepuasan Konsumen sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan smartphone Oppo di Kota Bakti Kecamatan Sakti. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan teknik Unknown Populations. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda  Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefesien Determinasi (R2). Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji hipotesis melalui uji F dan Uji t, serta analisi Koefisien Diterminasi (R2). Hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi

Y=  0.559 X1 + 0.220 X2.

Bedasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti, ternyata variabel Peluang (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 0.559 atau 55.9% Kepuasan Konsumen pada produk Oppo di Kota Bakti. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Peluang (X1), dan Ancaman (X2), terhadap Kepuasan Konsumen pada produk Oppo di Kota Bakti dangan indeks korelasi sebesar 0.626 atau 62.6 %, ini berarti hubungan tersebut kuat.  Kemudian indeks diterminasi masing-masing variabel Peluang (X1), dan Ancaman (X2) sebesar 0.391 atau 39,1 %, ini berarti kedua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada produk Oppo di Kota Bakti dan sebesar 56,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Kepuasan Konsumen, Peluang, dan Ancaman


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Algifari. 2012. Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta : BPFE.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pamasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Assael H, 1998. Costumer Behavior and Marketing Action, South-Weaten College Publishing, Cincinnati

Basu Swastha,2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, BPEE, Yogyakarta.

Darmadi Durianto 2010, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek, PT, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

David W, 2012, Pemasaran Strategis. Erlangga, Jakarta.

Enis, Ben, M ,2010, Marketing Principle, Goodyear Publ, Coy. Inc, California. Indriarto, Fidelis.

Fredy Rangkuti, 2012, Riset Pemasaran Penerbit PT.Gramedia Jakarta

Giese & Cote. (2010). Academy of Marketing Science Review. Defining.

Gaspersz, 2011. Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep, Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Gujarati, Damodar, 2010.Ekonometrika Dasar, Terjemahan, Erlangga: Jakarta,

Harper, W. and Orville C. Walker. 2010. Marketing Management, Strategies Approuch, Richard, D. Irwin, Ich, Homewood, Illinois.

Knight, 2010. Entrepreneurship and New Venture Management. Prentice-Hall Canada

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Buku I. Edisi Milenium (Edisi ke 10 ). Alih Bahasa : Drs. Benjamin Molan. Jakarat : PT. Prenhallindo.

Lupiyoadi. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, Naresh K.2010, Marketing Research : An Applied Orientation, 6th ed. New Jersey :

McCarthy. 2010. Pemasaran Dasar Pendekatan. Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Nasution, ,2012, Landasan Matematika (Jakarta, Bhratara Karya Aksara)

Robbins, S. (2012). Perilaku organisasi. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Santoso, Singgih. 2010. Latihan SPSS: Statistika Multivariat. Jakarta: Alex Media Computindo.

Schultz, D. & Schultz, E. S. 2010. Psychology and work today (10 edition). New York: Pearson.

Simamora, Henry. 2014. Akuntansi Bisnis Pengambilan Keputusan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Stanton J William. 2012., Prinsip Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Sumarwan, U. 2013. Perilaku Konsumen : Teori dan penerapannya dalam pemasaran,Ghalia Indonesia, Jakarta.

Thomas W. Lin. 2011. Manajemen Biaya dengan Tekanan Stratejik. Terjemahan A. Susty Ambarriani. Jakarta : Salemba Empat

Tjiptono, Fandi (2012) Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi

Wilkie, William L. 2012. Customer


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.