PENGARUH APLIKASI AMPAS KELAPA DAN URINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata sturt)

Cut Mulia Sari, Nazirah

Abstrak


Sistem pertanian organik adalah pertanian yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan bahan organik atau limbah organik serta dapat mengembalikan semua bahan organik kembali ke tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi ampas kelapa dan urine sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur. Rancangan percobaan yang digunakan adalah percobaan faktorial 3x3 dengan 3 ulangan yang disusun dalam rancangan acak kelompok (RAK).  Faktor pertama adalah pemberian Urine Sapi (U) yang terdiri dari 3 taraf dan faktor kedua adalah aplikasi Ampas Kelapa (A) terdiri dari 3 taraf. Pengamatan yang dilakukan meliputi tinggi tanaman, panjang tongkol dan berat tongkol. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa urine sapi berpengaruh sangat nyata terhadap berat tongkol jagung namun, tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 15, 30 dan 45 HST serta panjang tongkol, perlakuan terbaik di jumpai U2 (0,75 liter per plot).

Kata kunci: Ampas Kelapa, Urine

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wirawan.G.Ndan M.I Wahab. 2007. TeknologiBudidayaJagung. Diaksesdari hhttp://www. Pustaka-Deptan. Go. Id. Tanggal 21 Februari 2016

Direktorat budidaya Serelia. 2006. Pentunjuk Penggunaan Jagung Hibrida. Direktorat Jendral Tanaman Pangan. Jakarta.

Redaksi Agromedia. 2010. Panduluan Lengkap Budidaya Tanaman Sayuran. Redaksi Agromedia. Jakarta.

Ahmad. 2012. Pupuk Organik dari Urine Sapi. Kanisius, Yogyakarta.

Adijaya, L.N. 2008. Prima Tani LKDRIK Desa Sanggalangit, Kec Gerogak, Kab. Buleleng Bali. Laporan Balai pengkajian Teknologi Pertanian Denpasar.

Susanto, R. 2002. Penerapan Pertanian Organik. Permasyarakatan dan Perkembangannya. Kanisinus. Yogjakarta.

Kusuma. M.H.W.2011. Pemanfaatan Ampas Perutan Buah Kelapa Sebagai Alternatif Dalam Budidaya Pleurotus Ostreatus (Jamur Tiram Putih). Jakarta.

Nurhayati. 2007. Pertumbuhan dan hasil jagung manis pada berbagai aplikasi PPC Organik dan pupuk anorganik. J. Agroland 13 (3): 256-259.

Sutejo, M. M. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.

Anonim. 2013. Bertanam kelapa. Penerbit Yasaguna, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.