PENGARUH PARITAS TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN PADA SAPI ACEH DI BPTU DAN HPT INDRAPURI

Djoko Subagyo, Khalidin, Amirul Haqqi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh paritas terhadap keberhasilan inseminasi buatan pada Sapi Aceh berdasarkan Conception Rate (CR). Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2020 di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak  Indrapuri. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sapi aceh paritas I paritas II paritas III dan paritas IV. Data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari petugas dan catatan rekording dengan metode observasi dan  wawancara  kepada petugas dan pejabat yang membidangi inseminasi buatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan inseminasi buatan di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Indrapuri pada Sapi Aceh yang penilaiannya berdasarkan angka konsepsi cukup berhasil. Hasil perhitungan statistik, bahwa paritas tidak berpengaruh terhadap keberhasilan inseminasi buatan berdasarkan angka konsepsi.

Kata kunci: inseminasi buatan, Sapi Aceh, paritas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Toelihere, M.R, (1981a). Inseminasi Buatan Pada Ternak. Angkasa Bandung.

Djanah, D, 1985. Mengenal Inseminasi Buatan. CV. Simplek Jakarta.

Toelihere, M.R, (1985b). Fisiologi Reproduksi Pada Ternak. Angkasa Bandung.

Sudjana, 1986. Metoda Statistik. Penerbit Tarsito. Bandung.

Paggi, 1980. Inseminasi Buatan Pada Sapi. Bagian Reproduksi Hewan dan Inseminasi Hewan. Fakuitas Peternakan Universitas Pajajaran Bandung.

Esslement, R. J,. J. R. Bailie, and N.J. Cooper. 1977. Fertility Management in Dairy Catile. Colins 8 Grafton Street. London Wi.

Salisbury, G. W., N. L, Van Denmark and J. R. Lodge (Alih Bahasa Oleh R. Djnuar), 1985. Fisiologi Reproduksi dan Inseminasi Buatan Pads Sapi. Universitas Gajah Mada. Yogjakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.