OPTIMASI SEGMENTASI CITRA METODE OTSU MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

Junaidi Salat, Sayed Achmady

Abstrak


Perkembangan teknologi membuat banyak orang tertarik untuk meneliti lebih lanjut dan menganalisis seberapa besar peran itu dalam pelaksanaan kehidupan sehari-hari. Proses pengenalan objek yang dilakukan dengan menggunakan segmentasi gambar berguna untuk membagi gambar menjadi beberapa bagian dengan menggunakan ambang batas. Proses pengenalan objek memerlukan pemisahan wilayah atau wilayah untuk memisahkan gambar asli dari gambar yang telah diproses. Gambar segmentasi yang akan diproses harus melalui beberapa tahapan untuk mendapatkan lebih lanjut gambar baru yang memiliki kontur, tekstur, dan perhitungan warna yang telah dikelompokkan. Untuk menyegmentasikan peta, kita menggunakan metode logika Fuzzy. Metode ini mendefinisikan tingkat keanggotaan untuk mendapatkan perhitungan Clustering yang akan dilakukan. Segmentasi adalah langkah pertama dan merupakan kunci. Gambar Segmentasi adalah teknik Clustering untuk gambar. Dengan kata lain, ini adalah proses pembagian gambar ke daerah yang memiliki fitur serupa

Kata Kunci : Metode Otsu, Segmentasi Citra Menggunakan Fuzzy Logic


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnia, F. &Munadi, K. 2010. Metode Restorasi Citra Manuskrip Kuno Berbasis Histogram Terekualisasi. Seminar Nasional Teknologi Informasi 2010.Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Dwiandiyanta, B. Y. 2011.Pengembangan Aplikasi Deteksi Tepi Citra Medis menggunakan Algoritma Gradien. Program Studi Teknik InformatikaFakultas Teknologi IndustriUniversitas Atma Jaya Yogyakarta.

Gonzalez, Rafael. 2012. Digital Image Processing. USA: Addison-Wesley Publishing Co, University of Tennessee.

Hamzah, A. 2001. Pengenalan Pola dengan Fuzzy Clustering. ACADEMIA ISTA, Vol.4.No.1. Lembaga Penelitian Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Yogayakarta.

Hidayatno, A., R. Rizal Isnanto & Niam, B., 2010. Analisis Deteksi Tepi Pada Citra Berdasarkan Perbaikan Kualitas Citra. Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang.

Kesiman, M, W, A. 2013. Segmentasi Area Teks Aksara Bali pada Citra Lontar Kuno Bali Berdasarkan Peta NilaiLacunarity. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013 Yogyakarta, 15 Juni 2013.

Pujiyono, W., Murinto & Adam I., 2009. Perbandingan Kinerja Metode Gradient Berdasarkan Operator Sobel dan Prewitt Implementasi Pada Deteksi SidikJari. Jurnal Informatika Vol 3, No. 1, Januari 2009

Putra, D. 2010. Pengolahan Citra Digital.Yogyakarta. Penerbit: ANDI.

Rinjani, N.M. A.G, Kesiman, M.W.A.&Wahyuni,D.S. 2011.Studi Implementatif Digitalisasi Dan Restorasi Citra Digital Lontar Kuno Bali. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI 2011)Singaraja – Bali, 20 September 2011.

Sutojo, T.& Wicaksono M.H.2009. Perbandingan Sensitivitas Filter Deteksi Tepi Sobel Dengan Filter Deteksi Tepi Prewitt Untuk Citra Yang Mengandung Noise Gaussian. Jurnal Techno.Com, Vol. 8 No. 1, Mei 2009.UDINUS Semarang.

Sutoyo. T. 2009. Teori Pengolahan citra digital, Yogyakarta: Penerbit ANDI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.