BERHITUNG CEPAT DAN PERMAINAN ANGKA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA SD BELAJAR MATEMATIKA DI RUMAH SELAMA PANDEMI

Maisura, Maisura

Abstrak


Terjadinya pandemi Covid-19 menyebabkan pengaruh diberbagai sektor salah satunya sektor pendidikan. Krisis yang datang secara tiba-tiba membuat dunia pendidikan yang biasanya dilakukan dengan tatap muka langsung berubah menjadi pembelajaran jarak jauh.Dalam masa pandemi sekarang ini dengan menerapkan pembelaran dari rumah memiliki problem dalam pelaksanaanya, salah satunya siswa kesulitan memahami materi pelajaran yang dikirimkan guru secara online, apalagi untuk pelajaran matematika yang kebanyakan siswa kurang menarik disebabkan adanya kecenderungan bahwa apa yang disampaikan adalah rumus-rumus saja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa menerapkan berhitung cepat sebagai dasar matematika, dan permainan angka untuk melatih dan menambahkan wawasan pengetahuan sebagai pendorong motivasi minat belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar serta mengatasi kejenuhan saat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan jenis penelitian descriptive content analysis study.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa dengan berhitung cepat membuat pelajaran matematika semakin menarik dan mudah dipahami, permainan angka matematika dapat membuat matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan, bukan pelajaran yang hanya tentang rumus-rumus saja, tapi dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunciBerhitung cepat, Permainan  Angka

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2, 1–12.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 359–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid – 19. JIKE Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(1), 172–182. https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. In Buletin Hukum dan Keadilan (Vol. 4, Issue 1, pp. 49–56). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199

Syaharuddin, & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30–33. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Ahzan, Z. N., Binsasi, E., & Salsinha, C. N. (2018). workshop teknik berhitung cepat di sekolah dasar negeri ( SDN ) Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(March 2018), 17–26.

Suryowati, K., Setyawan, Y., & Jatipaningrum, M. T. (2016). Pelatihan Jarimatika Untuk Inovasi Pembelajaran Matematika Bagi Jamaah Mushola Al-Hidayah Desa Sukoharjo, Kec. Ngaglik , Sleman, Yogyakarta. 1(1), 80–86.

Kusmaryono, I. (2013). Pelatihan keterampilan berhitung cepat melalui matematika kreatif bagi siswa-siswa sd di wilayah uptd rowosari kabupaten kendal (pp. 1–19).

Handayani, W., & Rochmahwati, P. (2020). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Metode Permainan Dengan Papan Angka Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika, 1(2), 201–215.

Kasna, I. F. P., Sudhita, I. W. R., & Rati, N. W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Dengan Bantuan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–10.

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal Paud Tambusai, 2(1), 49–54. file:///C:/Users/7/Downloads/55-106-1-SM.pdf

Fatimah, D. D. S., Tresnawati, D., & Ma’rup, C. S. (2017). Perancangan Game Puzzle Untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia. Jurnal Algoritma, 14(2), 281–287. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.281

Padlia, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Permainan Baok Angka Di Taman Kanak-Kanak AL-Falah Bandar Pasaman Barat. Jurnal Pesona PAUD, 1, 1–12.

Novika, K., Aminnuyati, & Okianna. (2020). Pengaruh Addiction Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Smas Taman Mulia (pp. 1–8).

Ruseffendi, E.T, 1998. Pengantar Kepada Membatu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalama Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.