EKSISTENSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PENGANTAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 SAKTI

Hayatun Rahmi, Nur Fatimahwati

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Eksistensi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pengantar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Sakti.”  Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah eksistensi bahasa indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Sakti?.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalampembelajaran bahasa Indonesiadi SMP Negeri 3 Sakti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di SMP Negeri 3 Sakti. Data dalam penelitian ini adalah bahasa yang digunakan oleh guru dalam Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan, tahap reduksi data yang terdiri dari mentranskrip data, identifikasi data, klasifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) semua guru bahasa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) semua guru akan menggunakan bahasa daerah jika terdapat materi yang sulit dipahami oleh siswa. (3) semua guru akan menegur siswa yang menggunakan bahasa daerah agar menggunakan bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar, (4) tidak ada siswa yang mengeluh terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, (5) penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dapat meningkatkan pembendaharaan kosakata pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Sakti telah menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Sakti telah melaksanakan Undang-Undang Sindiknas tahun 2013 pasal 33 ayat 1.

Kata kunci: Eksistensi, Bahasa Indonesia, Bahasa Pengantar Pendidikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagong, suyanto dan sutinah. 2006. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendektan. Jakarta: prenada Media Group.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Die, .Y.2012. Perkembangan teknologi dan globalisasi terhadap bahasaIndonesia.

Diakses pada tanggal 22 juni 2016, dariwww.slideshare.net.

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif : Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. MaLang: UMM PRESS.

Hanin, K. 2012. Sejarah bahasa Indonesia bahasa nasional.

Diakses tanggal 22 juni 2016, dari www.kumpulansejarah100.blogspot.com.

Hikmat, Ade dan Nani Solihati. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo

Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Milles& Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif (tentang metode-metode baru), Jakarta: UI-Press

Rahardi, R. Kunjana. 2000. Imperatif dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

H.B. Sutopo.2006.Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian.Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.