HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK YANG DILAKUKAN SISWA SMPN 5 MUTIARA

Bunyamin, Bunyamin

Abstrak


Tujuan Penelitian ini Mendeskripsikan self regulated learning siswa. Mendeskripsikan tingkat prokrastinasi akademik siswa dan menguji hubungan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa secara keseluruhan self regulated learning siswa sudah tergolong tinggi, Siswa dengan kategori  baik telah mampu melakukan fase-fase SRL mulai dari fase perencanan (forethought phase), fase pelaksanaa (performance phase), dan fase refleksi diri (self reflection phase), yang saling mempengaruhi dan berputar membentuk siklus, sehingga hasil dari proses refleksi diri akan mampu mempengaruhi proses perencanaan siswa dalam rangka memperoleh pengetahuan berikutnya

Kata kunci3-5 self regulated learning, Pendidikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Akinsola, M. K., & Tella, A. 2007. “Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Student”. Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education, 3 (4): 363-367.

Algensindo.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Binder, K. 2000. The Effects of an Academic Procrastination Treatment on Student Procrastination and Subjective Well-Being. Canada: Carleton University.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. 1995. Procrastination and Task Avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.

Friedman, Howard. S. & Schustack, Miriam. W. 2006. Kepribadaian; Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. 2014. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Jakarta: Rineka Cipta.

Knaus, W. 2002. The Procrastination Workbook. New Harbinger: Publication, Inc.

Mahmud, M.D. 1990. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Terapan, Edisi I. Yogyakarta

Montalvo, F. T., & Torres, M. C. G. 2004. “Self-Regulated Learning: Current and future directions. Spain: Departement of education: University de navarra”. Journal of Educational Psychology. 1 (2): 1-34.

Prasetya, George. 2006. Smart Parenting. Jakarta: Elex Media Komputindo. Rineka Cipta.

Rizvi, A., Prawitasari, J. E., & Soetjipto, H. S. 1997. “Pusat Kendali dan Efikasi Diri sebagai Prediktor terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa”. Jurnal Psikologika, 2 (3): 51-56.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. 1984. “Academic Procrastination: Frequency and cognitive behavioral correlates”. Journal of Counseling Psychology, 31 (4): 503-509.

Subran, A. A. 2001. “Self Regulated Learning and Academic Achievement of Hongkong and Indian High School Students”. Disertasi. University of Hong Kongkong.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, H. 2006. “Pengembangan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa”. Jurnal Pendidikan Penabur. 5 (7): 64-71.

Tice, Dianne, M., Baumeister., & Roy, F. 1997. Longitudinal Study of Procrastination, Performance, Stress, and Health: The costs and benefits of dawdling. Case Western Reserve University: American Psychological Society.

Winne, P. H. 1997. “Experimenting to Bootstrap Self-Regulated Learning”. Journal of Educational Psychology, (Online). 3 (89): 397-410, (ftp://ftp.uwc.ac.za/users/DMS/CITI/bootstrapping.pdf/, diakses 04 April 2015).

Yusuf, A. M. 2013. Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Padang: UNP Press.

Zimmerman, B. J. 1989. A Social Cognitive View of Self Regulated Learning, Journal of Educational Psychology, 81 (3), 1-23.

Zimmerman. 1990. “Self Regulated Learning adn Academic Achievement: An overview”. Journal of Educational Psychologist. 25 (1): 3-17.

Zimmerman. 2002. “Becoming a Self Regulated Learner: An overview”. Theory Into Practice. 41 (2): 64-70.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.