EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE FORM UNTUK UJIAN AKHIR SEMESTER BAGI MAHASISWA PGMI AL HILAL SIGLI

Gusti Handayani

Abstrak


Untuk mengetahui kemampuan dari peserta didik dibutuhkan evaluasi sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar. Pada era teknologi seperti saat ini, bentuk ujian atau evaluasi mulai beralih dari yang dulunya menggunakan kertas ujian atau Paper Based Test (PBT) menjadi evaluasi berbasis TIK atau yang lebih dikenal dengan Computer Based Test (CBT) salah satunya adalah adalah Google Formulir. Meskipun para era sekarang evaluasi mulai menggunakan Computer Based Test (CBT), namun pada kenyataannya banyak dosen/ pendidik yang masih menggunakan Paper Based Test (PBT) sebagai alat evaluasi, hal ini disebabkan banyak dari dosen yang belum cukup mahir mengoperasikan Google Form dan kurangnya informasi evaluasi berbasis online. Hal ini mengakibatkan mahasiswa tidak terbiasa mengikuti ujian secara daring khususnya Google Form. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Google Form sebagai media ujian akhir semester. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, Metode pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dengan subjek penelitian seluruh mahasiswa semester V di program studi PGMI Al Hilal Sigli berjumlah 65 orang. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Google Form sebagai media ujian akhir semester berjalan efektif dan praktis.

Kata Kunci: Efektivitas, Evaluasi,  Google Formulir  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M., Siswayani, P., & Nurwanti, D. I. (2018). Merancang Tes Daring Berbasis Google Form untuk Meningkatkan Kefektifan Evaluasi Pembelajaran. Bandung .

Djamarah, S. b. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rinela Cipta.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif (Korelasional Eksperimen, Ex Post Facto, Etnografi, Grounded). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam ADAARA. Vol 9. No 2

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sabri, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ciputat Press.

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL : Kebijakan dan Pengembangan, 289.

Sudiono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: (PT. Grafindo Persada.

Suqiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thurlow, M., Lazarus, S. S., Albus, D., & Hodgson, J. (2010). Computer-based testing: Practices and considerations (Synthesis Report 78). Minneapolis, MN: University of Minnesota, National Center on Educational Outcomes.

Stowell, J. R., & Bennett, D. (2010). Effects of Online Testing on Student Exam Performance and Test Anxiety. Journal of Educational Computing Research, 42(2), 161–171.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.