TANTANGAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SELAMA PANDEMI DI PIDIE

Novita, Diana

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar selama pandemi. Penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Inggris yang mengajar di Kabupaten Pidie. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket yang diberikan kepada guru-guru Bahasa Inggris. Data dianalis dengan dengan menggunakan teknik persentase yang selanjutnya di deskripsikan. Secara umum hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak sekali tantangan yang guru Bahasa Inggris hadapi ketika mengajar online, yaitu sebesar 50,64%. Terutama dalam hal cara mengevaluasi kerja siswa di rumah selama Pembelajaran jarak jauh (PJJP. Namun data juga menjunjukkan sebanyak 83% guru-guru berusaha meningkatkan kreatifitas dalam mengajar online dengan mengikuti webinar dan berdiskusi dengan guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi guru-guru, pemerintah dan semua yang ada di dalam dunia pendidikan agar berusaha meningkatkan kualitas dari segala aspek dalam proses belajar mengajar selama pandemi.

Kata kunci: Kendala, Pembelajaran Daring, Pandemi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifa, Fieka Nurul. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Jurnal Masalah-Masalah Sosial 12 (7), 1- 17.

RigiantiA.Hendry. (2020). Kendala pembelajarn daring guru sekolah dasar di kabupaten Banjarnegara. Universitas PGRI Yogyakarta Indonesia

Darsono, Max. dkk.(2000).Belajar dan pembelajaran.Semarang:IKIP Semarang Press.

Danar. Putra (2015). Kendala-kendala yang dihadapi guru Penjasorkes dalam pembelajran atletik di sekolah dasar negeri se kecamatan Semarang Timur. Universitas Negeri Semarang

Husdarta dan Saputra (2000:2-7). Perkembangan peserta didik.Depdikbud.Dirjen Dikdasmen. Bagian proyek penataran guru SLTP setara DIII

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.