DISIMILARITAS BAHASA PERSUASIF PADA IKLAN DI RADIO MUTIARA FM BEUREUNUEN PADA ERA NEW NORMAL

Nofiana S, Islamiyah

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Bahasa Persuasif dalam Iklan pada Radio Mutiara FM Beureunuen.” Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Bahasa Persuasif dalam Iklan pada Radio Mutiara FM Beureunuen?” Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bahasa persuasif dalam iklan pada Radio Mutiara FM Beureunuen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis isi, yaitu menganalisis bahasa persuasif dalam iklan pada Radio Mutiara FM Beureunuen. Sumber data penelitian ini adalah iklan-iklan yang ditayangkan di Radio Mutiara FM Beureunuen yang berlokasi di Kota Mini, Beureunuen, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Data penelitian ini adalah bahasa persuasif yang terdapat dalam bahasa iklan pada Radio Mutiara FM Beureunuen. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik simak, rekam, dan catat dengan tahapan-tahapan; menyimak/mendengar iklan; merekam iklan; memutar ulang iklan; dan mencatat data dalam iklan. Analisis data penelitian ini mencakup tahapan-tahapan; mendengarkan kembali iklan yang telah direkam;.mencatat hasil rekaman; menganalisis data berdasarkan rujukan teori; mengklasifikasikan bahasa persuasif pada iklan; mendeskripsikan bahasa persuasif pada iklan; dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bahasa persuasif yang terdapat dalam iklan pada Radio Mutiara FM Beureunuen adalah (1) bahasa persuasif bersifat ajakan terdapat pada 12 iklan. (2) Bahasa persuasif bersifat anjuran atau saran terdapat anjuran atau saran pada 7 iklan. (3) Bahasa persuasif bersifat perintah terdapat pada 5 iklan. (4) Bahasa persuasif bersifat penegasan terdapat pada 17 iklan. Simpulan penelitian ini adalah setiap iklan yang disiarkan Radio Mutiara FM Beureunuen masing-masing memiliki jumlah bahasa persuasif dan sifat bahasa persuasif yang berbeda-beda pada tiap-tiap iklan. 

Kata kunci: BahasaPersuasif, Iklan, Radio


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chaer, Abdul. 2004. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto, Bagong. 2011. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.

Adiwimarta, S., dkk. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Keraf, Gorys. 2003. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Suparno dan Yunus. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wibowo. 2008. Media Gambar sebagai Peningkatan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Intan Pariwara

Marwoto. 2007. Komposisi Praktis. Yogyakarta: Hanindita.

Junaedi, Fajar. 2013. Komunikasi Massa Pengantar Teoritis. Yogyakarta: Santusta.

Rahanatha, Bayu. 2008.Skema Pembentukan Positioning Terhadap Pendengar Dari Sebuah Radio. Jakarta: PT Prenada Media Group.

Indriyawati, H. 2011. “Pengembangan Radio Online Sebagai Pemanfaatan Penyiaran Iklan.” Jurnal Transformatika, Volume 9, No.1, Juli 2011 : 37 – 45. Semarang: Universitas Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.