PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS MATEMATIK SISWA SMK NEGERI 1 SIGLI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MAPLE

Maryanti, Laila Qadriah

Abstrak


Kemampuan berpikir kritis matematik dan berpikir logis matematik sangat penting dalam pembelajaran matematika, sebagimana yang telah diuraikan dalam buku kurikulum 2013 yang saat ini sedang berlangsung. Namun kemampuan ini sering terabaikan dalam pembelajaran matematika yang masih menganut paradigma lama yaitu pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dalam berpikir aktif sehingga siswa tidak terbiasa memberdayakan fungsi kognitifnya dalam berpikir. Salah satu upaya untuk mengembangkan siswa berpikir aktif khususnya pada materi eksponen dibutuhkan suatu strategi pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran STAD berbantuan Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan logis matematik siswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe STAD berbantuan Maple. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. populasi adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sigli dengan mengambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, melalui teknik random sampling dari tiga kelas paralel yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang meliputi tes kemampuan berpikir kritis dan logis. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelompok Student Team Achievement Division dengan kelompok konvensional digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe STAD berbantuan Maple lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, ditinjau dari: (a) keseluruhan, dan (b) subkelompok (tinggi, sedang, rendah); 2) Peningkatan kemampuan berpikir logis matematik siswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe STAD berbantuan Maple lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, ditinjau dari: (a) keseluruhan, dan (b) subkelompok (tinggi, sedang, rendah).

Kata kunci : STAD, Berpikir Kritis, Berpikir Logis, Maple.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad. (2007). Keefektifan Penggunaan Autograph, Cabri 3D dan Maple sebagai Media Pembelajaran Matematika (e-journal Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang, Volume 1 No. 1 tahun 2007).

Agustine, (2009). Pengaruh Penggunaan Strategi Heuristik terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNPAS: tidak diterbitkan.

Albrecht, (1984). Mathematic for Elementary Teachers A Conceptual Approach, WI New York: Aleks Corporation.

Anderson (2003). Critical Thinking Across the Disciplines. Makalah pada Faculty Development Seminar in New York City College of Technology, New York.

(Kariasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari penalaran Formal. (e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika, Volume 3 tahun 2014).

Kusuma. (2003). Konsep Pengembangan dan Implementasi Computer-Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Thiking. UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T. (2000). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sahid, MSc. (2003). Penggunaan MAPLE untuk pembelajaran Aljabar. Universitas Negeri Yogyakarta : Journal “Lab Komputer Jurdik Matematika FMIPA UNY

Setiawan. (2011). Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC). Tesis SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Sumarmo, (1987). Berpikir dan Disposisi Matematis serta Budi Pekerti dalam Pembelajaran Matematika. Hand-out seminar Pendidikan Matematika. Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Sumarno. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Seminar Tingkat Nasional FPMIPA UPI. Bandung: tidak diterbitkan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.