PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LOMPAT TINGGI BERBENTUK PERMAINAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS DI SMA NEGERI 16 KOTA BANDA ACEH

Indah Lestari, Jafaruddin

Abstrak


Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa antara lain kurang kreatifnya guru pendidikan jasmani di sekolah dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran sederhana, guru miskin akan model-model pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dilaksanakan dalam situasi dan kondisi yang membuat siswa menjadi lebih bosan dalam menangapi pembelajaran yang ada, karena mareka hanya mengejar bangaimana materi pelajaran tersebut dapat selesai tepat waktu, tanpa memikirkan bagaimana pembelajaran itu bermakna dan dapat diaplikasikan oleh siswa dalam kesehariannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Pendekatan dalam penelitian ini tergolong kedalam penelitian pengembangan model pembelajaran yang nantinya akan menghasilkan produk dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian yang sudah diperoleh berdasarkan analisis dan pembahasan, maka dapat disipulkan bahwa. model pembelajaran yang terdiri dari 20 item di tiap-tiap model dapat diikutsertakan dalam model pembelajaran atletik nomor lompat tinggi karena memiliki tingkat kesahihan yang tingggi  dan tingkat keterandalan yang tinggi. Mengingat kebutuhan yang jelas dalam multi dimensi dari satu alat pegembangan model pembelajaran lompat tinggi, model pengembangan lompat tinggi berbentuk permainan untuk siswa sekolah menengah atas di rancang berdasarkan dari tiga model pembelajaran yaitu model pembelajaran lompat kotak, model pembelajaran lompat tali, model pembelajaran lompat gawang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, Nyak. (2006). Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

__________(2010). Psikologi Olahraga. Aceh: CV. Marzalia Press.

Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Penjaskes, (2002). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SLTP Kleas 1. Jakarta: Yudistiran.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangandan Pembinaan Bahasa. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.