PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN GURU PJOK DI UPT. SD 060953 KOTA MEDAN TAHUN 2023

Bagas Hasonangan Batubara, Sanusi Hasibuan, Nurhayati Simatupang

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam melakukan evaluasi hasil dalam pembelajaran PJOK terhadap peserta didik apakah sudah obyektif atau subyektif. Peneliti melakukan penelitian kepada seluruh guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJOK) yang ada di UPT SDN 060953 Medan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian dan pembahasan yang menyatakan bahwa pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran Guru  PJOK di UPT SDN 060953 Medan Tahun 2023 diketahui sebagai berikut: Tingkat Pemahaman Guru Pada Aspek Kompetensi Terkait Evaluasi yaitu tidak ada responden ( 0% ) yang memiliki kategori Sangat Tinggi, (27,3%) memiliki kategori Tinggi, (49,9%) memiliki kategori Sedang, (31,8%) memiliki kategori Rendah, dan tidak ada responden (0%) yang masuk kedalam kategori Sangat Rendah. Tingkat Pemahaman Guru Pada Keterlaksanaan 3 (tiga) Ranah Penilaian PJOK yaitu tidak terdapat responden (0%) yang memiliki katergori Sangat Tinggi, sedangkan pada kategori Tinggi (68,2%), pada kategori Sedang jumlah responden yang masuk kategori tesebut yaitu 0% atau tidak ada, (22,7%) memiliki kategori Rendah, dan terdapat (9,1%) masuk pada kategori Sangat Rendah.

Kata kunci: evaluasi, pembelajaran, pjok


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Arma, dan Agus Manadji. (1994). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani.

Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Arikunto, Suharimi. (2010). Dassar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara

Bloom, B, S et al. (1971). Taxonomy of Educational Objective : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.

Cronbach. (1982). Desingning Evaluator of Educational and Social Program. Dalam

Arikunto, Suharimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta Daryanto.(2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Raya.

Gabbard C, LeBlance E, Lowy S. (1987). Physical Education for Children. Dalam Sukintaka.(2004). Teori Pendidikan Jasmani. Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Gafur, Abdul. (1989). Pengertian Belajar dan Strategi Mengajar. Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.