PENGGUNAAN PLAGIUS SEBAGAI APLIKASI UNTUK PENGECEKAN PLAGIARISME

Hugo Fostin Hokianto

Abstrak


Karya tulis ilmiah merupakan sebuah bentuk kontribusi seseorang pada dunia penelitian, terlepas dari jenis karya ilmiah, tema, dan studi yang ditelitinya. Karya tulis ilmiah umumnya memberikan dampak positif pada penulis dan pembacanya, namun karya tulis ilmiah tidak terlepas dari sisi negatif. Plagiarisme merupakan salah satu bentuk dari pelanggaran ilmiah yang sering dilakukan oleh orang-orang yang terlibat dalam menulis karya ilmiah. Penangulangan plagiarisme di Indonesia telah dilakukan, dengan perguruan tinggi telah mengikuti peraturan dari Menteri Pendidikan Nasional melalui Permendiknas Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Meskipun usaha pemerintah dan perguruan tinggi untuk menanggulangi plagiarisme, kasus plagiarisme tetap bermunculan dimana-mana, dan tidak jarang mahasiswa hingga dosen dan petinggi universitas yang telah terbukti melakukan tindakan plagiarisme. Untuk itu, salah satu bentuk pencegahan plagiarisme adalah dengan melalui pengecekan plagiarisme melalui aplikasi pengecekan plagiarisme sebelum karya ilmiah tersebut diproses lebih lanjut. Plagius adalah salah satu bentuk aplikasi yang melakukan pengecekan plagiarisme, yang merupakan alternatif dari aplikasi pengecekan plagiarisme yang lebih dikenal seperti Turnitin. Artikel ini membahas tentang plagiarisme, penggunaan Plagius , dan perbandingan dengan alternatif aplikasi lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan melalui metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Plagius memiliki lebih banyak kekurangan dibandingkan Turnitin, dengan poin-poin seperti kedalaman analisis, lama pengecekan, dan harga penggunaan, dinilai lebih inferior dibandingkan hasil pengecekan Turnitin. Meskipun demikian, Plagius lebih unggul dalam hal fitur tambahan seperti multiple file analysis dan text analysis, dan kemampuan untuk menyertakan link lengkap dan akses pada link yang terindikasi plagiarisme.

Kata kunci: Plagiarisme, Pengecekan Plagiarisme, Plagius, Turnitin


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Sastroasmoro, “Beberapa Catatan tentang Plagiarisme,” Majalah Kedokteran Indonesia, vol. 57, no. 8, pp. 239-244, 2007.

Menteri Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.

W. Chang, Metodologi Penulisan Ilmiah: Teknik Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, & Disertasi untuk Mahasiswa, Jakarta: Penerbut Erlangga, 2014.

A. Lako, Plagiarisme Akademik, Semarang: Harian Jawa Pos Radar Semarang, 2012.

H. WIjaya, “Plagiarisme dalam Penelitian,” Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, pp. 84-92, 2016.

M. A. C. Jiffriya, M. A. C. A. Jahan, R. G. Ragel dan S. Deegalla, “AntiPlag: Plagiarism Detection on Electronic Submissions of Text Based Assignments,” dalam IEEE 8th International Conference on Industrial and Information Systems, Kandy, 2013.

A. Risparyanto, “TURNITIN SEBAGAI ALAT DETEKSI PLAGIARISME,” UNILIB: Jurnal Perpustakaan, vol. 11, no. 2, pp. 126-135, 2020.

L. Sulistyaningsih, “PLAGIARISME, UPAYA PENCEGAHAN, PENANGGULANGAN DAN SOLUSINYA,” Jurnal Pustaka Ilmiah, vol. 3, no. 1, pp. 320-328, 2017.

U. Andayani, “Penggunaan Software Turn It In untuk Mendeteksi Tindakan Plagiarisme,” Al Maktabah, vol. 16, no. 1, pp. 33-40, 2017.

S. V. Mandailina , S. H. R. P. Negara, . R. Satriawan dan . M. Ibrahim , “Minimalisasi Tingkat Plagiat Karya Ilmiah Mahasiswa Melalui Workshop Software Plagiarism Checker X,” BAKTI CENDANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 62-67, 2021.

K. Rama, “Plagiarism and Application of Plagiarism Prevention Tools: An Overview,” Library Philosophy and Practice, pp. 1-8, 2019.

Presiden Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia, 2003.

A. Wibowo, “Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan,” Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, vol. 6, no. 5, pp. 195-200, 2012.

A. R. Siregar, “Mencantumkan Sitasi Mencegah Plagiarisme,” Universitas Sumatera Utara, 2011.

F. Harliansyah, “Plagiarism dalam Karya atau Publikasi Ilmiah dan Langkah Strategis Pencegahannya,” LIBRIA, vol. 9, no. 1, pp. 103-114, 2017.

G. C. Adiyati dan A. Supriyanto, “PENYEBAB DAN DAMPAK BAGI SESEORANG YANG MELAKUKAN TINDAKAN PLAGIARISME DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH,” dalam Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, Malang, 2020.

A. M. E. T. Ali, H. M. D. Abdulla dan V. Snasel, “Overview and Comparison of Plagiarism Detection Tools,” Dateso, pp. 161-172, 2011.

S. Gupta, “Plagiarism Detection Software: An Overview,” Emerging Trends and Technology in Knowledge Management, pp. 129-143, 2017.

R. A. Ahmed, “Overview of Different Plagiarism Detection Tools,” International Journal of Futuristic Trends in Engineering and Technology, vol. 2, no. 10, pp. 1-3, 2015.

A. S. Supriyanto dan V. Maharani, Metodologi Penelitian Manajemen Sumberdaya Manusia: Teori, Kuesioner, dan Analisis Data, Malang: UIN-Maliki Press, 2013.

Plagius, “Looking for Plagiarism Checker? Meet Plagius!,” [Online]. Available: https://www.plagius.com/en/plagiarism-checker. [Diakses 22 Juni 2023].

Plagius, “SOFTWARE LICENSE TERMS,” [Online]. Available: https://www.plagius.com/wiki/en:terms. [Diakses 22 Juni 2023].

T. Batane, “Turning to Turnitin to Fight Plagiarism among University Students,” Educational Technology & Society, vol. 13, no. 2, pp. 1-12, 2010.

S. A. Meo dan M. Talha, “Turnitin: Is it a text matching or plagiarism detection tool?,” Saudi Journal of Anaesthesia, vol. 13, no. Suppl 1, pp. S48-S51, 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.