STERATEGI PEMASARAN TERHADAP TERJUALAN KOPI ROBUSTA PADA CV.LARIS ( STUDI KASUS ) DI GAMPONG BARO YAMAN KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE

Sarah Safitri, Julia Julia, Al Asri Abubakar

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran terhadap perjualan kopi robusta pada cv. Laris di gampong Baro Yaman Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilaksanakan di kecamatan mutiara kabupaten pidie, dari bulan Maret sampai dengan bulan juli 2023. Cv. Kopi laris kabupaten pidie dalam memasarkan produknya sering mengalami goncangan ataupun tantangan. Keadaan produk nya sering tajam tersebut memaksa perusahaan untuk membuat suatu kebijakan dan strategi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang terhadapi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha kopi di gampong Baro Yaman Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dimana populasi sekaligus sebagai sampel penelitian hanya berjumlah 1 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis kualitatif Harga kopi great A dijual dengan harga Rp. 165.000. Harga kopi great B sebesar Rp. 150.000, dan harga kopi tubruk dan kopi halus dijual dengan harga sebesar Rp. 190.000. Adapun saluran yang digunakan oleh pemilih cv kopi laris adalah saluran pemasaran langsung, dimana penjualan kopi langsung dilakukan kepada konsumen yang sewaktu- waktu tanpa melalui perantara. Untuk meningkatkan perjualan pada cv kopi laris harus menggunakan strategi pemasaran yaitu strategi produk,strategi harga, stretegi lokasi, dan strategi promosi. 

Kata kunci: Strategi, pemasaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(1) AAK. 2018. Budidaya Tanaman kopi. Yogyakarta.

(2) Akbar, Adam, 2019. ‘’ Analisis pengaruh citra Merek, Harga,dan Kualitas Produk Terhadap pembelian. Jakarta.

(3) Arikunto. 2018. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta

(4) Assauri, S.2019. Manajemen pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta.

(5) Al Asri Abubakar. 2019. Prospek pengembangan home industri minyak nilam di Gampong pucok Drien kecamatan panga kabupaten Aceh Jaya.

(6) Assauri, Sofyan.2019. Manajemen pemasaran konsep dasar dan strategi. Edisi pertama PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

(7) Djamaluddinkarim, jantje L. Sepangbode,dan lamanauw.2018 Marketing mix pengaruhnya terhadap volume perjualan pada PT. manado sejati perkasa Group. Yogyakarta.

(8) Hamni,2018. Potensi pengembangan Teknologi proses produksi kopi. Lampung

(9) Harmazair, Z. 2019. Menangkap peluang usaha. CV Dian Anugerah prasaka.

(10) Kotler dan Armstrong. 2018. Prinsip- prinsip pemasaran. jilid 1. Edisi kedua belah. Erlangga. Jakarta.

(11) Kotler, payne. 2017. Manajemen pemasaran. jilid 1. PT. indeks kelompok Gramedia, Jakarta.

(12) Makmur, Saprijal. 2019. Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan ( studi pada S-MART Swalayan pasir pengairan). Bandung.Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

(13) Nazir.2013. Metode penelitian. Jakarta.

(14) Nora Anisa Br Sinulingga. 2017. Pengaruh strategi pemasaran terhadap tingkat perjualan pada PT. Citra Mandiri Lestari Medan.

(15) Raharjo.2017. Berkebun kopi. Penebar swadaya. Jakarta.

(16) Rangkuti. 2016. Analisis SWOT Teknik membedah kasus Bisnis. Jakarta.

(17) Rahmady dan Andi. 2017. Konsentrasi pemasaran. Badan penerbit Mahardhika. Surabaya.

(18) Sastradipoera, komaruddin, 2018. Mencari makna dibalik penulisan Skripsi,Tesis,dan Disertasikappa sigma. Bandung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.