PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN DIVISI MARKETING PT MPM MOTOR HONDA MOJOWARNO

Nur Istiqomah

Abstrak


Gaya kepemimpinan adalah pola menyeluruh dari tindakan seorang pemimpin, baik yang tampak maupun tidak tampak oleh bawahannya. Gaya kepemimpinan menggambarkan kombinasi yang konsisten dari falsafah, keterampilan, sifat, dan sikap yang mendasari perilaku seseorang. Jika membahas mengenai gaya kepemimpinan ini juga berhubungan terhadap motivasi serta disiplin kerja sebagai topik penting dalam hal manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). Dimana kepemimpinan yang efektif dapat mempengaruhi motivasi dan disiplin kerja karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. PT MPM Motor Honda Mojowarno sebagai salah satu bentuk perusahaan dalam bidang industri otomotif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja karyawan di divisi marketing PT MPM Motor Honda Mojowarno, serta untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja dan disiplin kerja karyawan. Jenis penelitian termasuk ke dalam penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Displin Kerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirin, T., 2011, Populasi dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ghozali, I., 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Rivai, V., 2004, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Kedua, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sedarmayanti, 2004, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Penerbit Ilham Jaya, Bandung.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Edisi Revisi, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.