KOMPETENSI ADMINISTRASI PADA E-RECRUITMENT DI MEDIA SOSIAL TIKTOK AKUN @LOKER.IN: CONTENT ANALYSIS

Devi Ayu Ariyanto, Rita Mutiarni

Abstrak


Pada masa modern banyak perusahaan melakukan perekrutan secara online (E-Recruitment). Sehingga terdapat banyak media sosial yang menyebarkan informasi terkait lowongan pekerjaan. Hal itu membuat para pekerja harus mampu dalam memilah kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan pada masa saat ini. Namun, tidak semua pelamar mampu melakukan penyaringan terkait informasi tersebut. Dengan adanya fenomena ini, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis karakteristik kompetensi sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan dari calon karyawan bagian Administrasi, yang dibagikan di platform media sosial TikTok yang khusus memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data content analysis. Data yang digunakan merupakan data sekunder dengan unit analisis dan pengamatan yang diperoleh dari media sosial TikTok yaitu akun @loker.in pada periode Januari – Maret 2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Administrasi adalah: 1) Pendidikan D3 dan SMA/SMK, 2) Keterampilan menguasai Microsotf Office, 3) Kemampuan komunikatif, 4) Usia maksimal 25 tahun, 5) Memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi.

Kata Kunci : Kompetensi, Administrasi, E-Recruitment, Media Sosial TikTok


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Issakh, H. I., & Wiryawan, Z. (2014). Pengantar Manajemen. Jakarta: In Media.

Kasanah, S. N., & Franksiska, R. (2017). Karakteristik Kompetensi SDM:Content Analysis Iklan Lowongan Pekerjaan Sales Pada E-Recruitment. Jurnal Manajemen Daya Saing, 16(1), 47-62.

Wibowo, W. (2019). Manajemen dari Fungsi Dasar ke Inovasi (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6(1), 114-136.

Nanda, K. D., & Prasetya, A. (2017). Efektifitas Penerapan Metode Rekrutmen Online (E-Recruitment) (Studi Pada PT Industri Kereta Api (INKA) – Jawa Timur). JAB (Jurnal Administrasi Bisnis), 53(1).

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. (2020). Aplikasi TikTok Sebagai Media Pemebelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora, 6(2), 147-157.

Sofiani, F., & Utari, D. R. (2022). Analisis data lowongan kerja sekretaris pada masa pandemi Covid-19 dengan metode data mining klasterisasi. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 20(2), 15-56.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.