APLIKASI E-LEARNING ALTERNATIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Bambang Chariana Utama

Abstrak


Dalam menyambut Society 5.0 kemampuan pendidik dalam memilih dan memilah media E-learning dalam hal ini aplikasi LMS (Learning Management System) sangatlah diperlukan. LMS adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran yang memudahkan interaksi dalam proses belajar mengajar secara online. LMS dapat digunakan untuk memanajemen pembelajaran, mendokumentasikan materi pendidikan dan keterampilan kerja, serta meningkatkan hasil belajar siswa. LMS juga dapat digunakan untuk administrasi, dokumentasi, pelacakan, pelaporan, dan pengiriman kursus atau program pelatihan. Beberapa contoh penggunaan LMS adalah untuk menentukan kebutuhan atau persyaratan pembelajaran, mendaftar untuk pembelajaran, meluncurkan konten online, dan melihat dan memelihara transkrip. LMS juga dapat diintegrasikan dengan platform lainBanyaknya Aplikasi LMS saat ini terkadang membuat  pendidik terpaku dengan hanya salah satu aplikasi LMS yang sudah terkenal tanpa melihat dari kemampuan siswa dalam mengoperasikan Aplikasi LMS tersebut serta kompabilitas perangkat yang dimiliki siswa dengan aplikasi LMS tersebut. Dalam artikel ini penulis mengajak pendidik untuk membuka mata bahwa ada aplikasi aternatif LMS selain Aplikasi LMS yang sudah terkenal, seperti Moodle, Edmodo, google classroom dan lain-lain.

Kata kunci: LMS, Society 5.0, e-Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ningsih, M. (2018). Pengaruh perkembangan revolusi industri 4.0 dalam dunia teknologi di indonesia. Pengaruh Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Dalam Dunia Teknologi Di Indonesia, 1–12.

Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5, 61–66.

Harun, S. (2020). PEMBELAJARAN DI ERA 5.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, November, 265–276.

Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary, 10(1). https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.69

Sutrisno, A. (2017). Metode Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Relevansinya dengan pendidikan Anak dalam Keluarga di Kelurahan Majapahit Kota Lubuklinggau. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 207.

Yusrizal, Safiah, I., & Nurhaidah. (2017). KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 5–24.

Munari, & Setyawan. (2020). Panduan Lengkap Membangaun Sistem Monitoring Kinerja Mhasiswa Intership Berbasis Web dan Global Positioning System (M. Y. Setyawan & A. S. Munari (eds.); Pertama). Kreatif Industri Nusantara.

Azhar, D. (2019). APLIKASI E-LEARNING SISWA BERBASIS WEB PADA SMPN BERNAS KABUPATEN PELALAWAN RIAU (Studi Kasus: SMPN BERNAS Kab. Pelalawan Riau). Naskah Publikasi APLIKASI, 5–6. http://eprints.uty.ac.id/2693/1/Naskah Publikasi-Dani Azhar-5130411463.pdf

Koran, J. K. C. (2002). Dalam pengajaran dan pembelajaran di sekolah-sekolah malaysia (Vol. 3). http://www.tutor.com.my/tutor/pix/2001/0716/DuniaPendidikan/Kertas_Kerja/kk_01.PDF

Cucus, A., & Aprilinda, Y. (2016). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Sistem Informasi & Telematika, 7(1), 1–17.

Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531

Zannah, F. (2023). The Implementation of Learning Management System (LMS) of English Language Education of STKIP PGRI Banjarmasin. 8(3).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.