PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK ANAK MELALUI AKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 2 MUARA TIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Fridaus Firdaus, sumarjo sumarjo, Amirzan Amirzan

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Peran Orang Tua dalam Mendukung Peningkatan Kemampuan Fisik Anak melalui Aktivitas Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Muara Tiga Tahun Ajaran 2024/2025.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) sejauh mana peran orang tua dalam mendukung peningkatan kemampuan fisik anak, (2) tingkat kemampuan fisik anak dalam aktivitas pembelajaran PJOK, dan (3) bentuk dukungan orang tua yang dominan dalam proses pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Muara Tiga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup dengan 35 butir pernyataan yang disusun dalam skala Likert empat pilihan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi perhitungan rata-rata (mean), standar deviasi, dan persentase, serta pengelompokan kategori berdasarkan Penilaian Acuan Norma (PAN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran orang tua dalam mendukung kemampuan fisik anak berada dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata sebesar 103,25 dan standar deviasi 9,78; (2) sebanyak 50% responden berada dalam kategori cukup, 20% kategori baik, 25% kategori kurang, dan 5% kategori sangat kurang; dan (3) bentuk dukungan yang paling dominan adalah dalam aspek motivasi verbal dan penyediaan kebutuhan dasar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran orang tua berkontribusi cukup signifikan dalam mendukung peningkatan kemampuan fisik anak, khususnya dalam kegiatan pembelajaran PJOK. Oleh karena itu, kerja sama yang berkelanjutan antara pihak sekolah dan orang tua perlu ditingkatkan guna menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan fisik siswa secara optimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulsyani. (2012). Sosiologi: Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, S. B. (2004). Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Graha, C. (2007). Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hamdu, G., & Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Irianto, D. (2002). Pedoman Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Irianto, D. (2006). Gizi untuk Olahragawan. Yogyakarta: Andi.

Jalaludin. (1996). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

KONI. (2000). Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: KONI Pusat.

Mahardika, N. A., Jusuf, J. B., & Priyambada, G. (2018). Dukungan Orang Tua terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Skoi Kalimantan Timur dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(2). ISSN: 0216-1699, E-ISSN: 2581-2300.

Nancy, C. (2001). Sports Nutrition Guidebook. USA: Human Kinetics.

Nasution, S. (2002). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Salim, H. S., & Yenny. (1991). Peranan Orang Tua dalam Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputra, P. E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring, Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK pada Masa Pandemi COVID-19 di SDN 22 Ujung Gurun Padang. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Sarwono, S. W. (2016). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, S. (2004). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, S. (2006). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soepartono, A. (2009). Sarana dan Prasarana Olahraga. Yogyakarta: UNY Press.

Soeryabrata, S. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukintaka, A. (2000). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Suryobroto, A. S. (2004). Peningkatan Kemampuan Manajemen Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1).

Supriyanto. (2007). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tolada, T. (2012). Hubungan Keterlibatan Orangtua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SD IT Permata Hati Banjarnegara. Skripsi. Universitas Indonesia. (Diakses dari http://lib.ui.ac.id).

Verawati. (2017). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Wawan S. Suherman. (2004). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: FPOK UPI.

Willis, S. (2011). Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Prestasi, 2(1), 17–25.

Soemanto, W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Subroto, T. (2008). Permainan Besar: Bola Voli dan Sepak Bola. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhadi & Sujarwo. (2009). Volleyball for All. Yogyakarta: UNY Press.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyudin. (2006). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com