STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERMAIN BOLA VOLI MELALUI PENJASKES DI SMP NEGERI 3 MUARA TIGA.

Saifuddin Saifuddin, Amirzan Amirzan, Sumarjo Sumarjo

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Studi Fenomenologi Pengalaman Siswa dalam Mengembangkan Kemampuan Bermain Bola Voli melalui Penjaskes di SMP Negeri 3 Muara Tiga.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran bola voli melalui mata pelajaran Penjaskes, (2) faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan kemampuan bermain bola voli siswa, dan (3) strategi yang digunakan siswa dalam meningkatkan kemampuan bermain bola voli di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi fenomenologi. Subjek penelitian berjumlah 62 siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket tertutup dan wawancara mendalam terhadap beberapa siswa terpilih. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, mean, standar deviasi, serta pengelompokan kategori berdasarkan Penilaian Acuan Norma (PAN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar siswa memberikan tanggapan dalam kategori cukup terhadap pembelajaran bola voli dengan rata-rata skor 80,86; (2) faktor-faktor yang memengaruhi pengalaman siswa meliputi minat, kondisi fisik, peran guru, ketersediaan sarana prasarana, serta lingkungan belajar; dan (3) siswa menggunakan strategi seperti latihan mandiri, memperhatikan arahan guru, dan bermain secara berkelompok untuk meningkatkan kemampuan mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Penjaskes memberikan kontribusi terhadap pengembangan keterampilan bola voli siswa, meskipun masih perlu peningkatan dari segi pendekatan, fasilitas, dan waktu praktik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, N. (2007). Pendidikan Olahraga Bola Voli. Era Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2017). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Effendi, A. (2017). “Penerapan Permainan Tradisional terhadap Minat Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(1), 58–70.

Faruq, M. M. (2009). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan dan Olahraga Bola Voli. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Fatoni, M. I. (2010). Perbedaan Ketepatan Servis Atas dan Servis Bawah pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di MAN 3 Pacitan. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Hambali, S. (2016). “Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Metode Bermain pada Permainan Bola Voli”. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 58–70.

Hartanti, M. D., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). “Pengaruh Pembelajaran Sirkuit Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Dribble dan Shooting Bola Basket”. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), 111–117.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). “Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161.

Komarudin, & Prabowo, M. (2020). “Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 26(1), 56–66.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. California: SAGE Publications.

Rahmawati, N., & Suherman, A. (2020). “Pengaruh Metode Latihan terhadap Keterampilan Servis Atas dalam Permainan Bola Voli”. Jurnal Pendidikan Jasmani, 10(1), 55–62.

Rithaudin, A., & Sari, P. T. P. I. (2019). “Analisis Pembelajaran Aspek Kognitif Materi PJOK SMA/SMK”. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 33–38.

Rosdiani, D. (2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Santoso, F. J. (2017). “Pengaruh Permainan Taplak terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok”. Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Saputra, G. Y., & Agus, R. M. (2021). “Minat Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 15 Mesuji”. Jurnal Olahraga dan Prestasi, 2(1), 17–25.

Soemanto, W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Subroto, T. (2008). Permainan Besar: Bola Voli dan Sepak Bola. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhadi & Sujarwo. (2009). Volleyball for All. Yogyakarta: UNY Press.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyudin. (2006). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com