TANGGAPAN SANTRI TERHADAP MANFAAT KEGIATAN OLAHRAGA DITINJAU DARI SUDUT PANDANG KAIDAH ISLAM

Nurul Hafizah, sumarjo sumarjo, Amirzan Amirzan

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Tanggapan Santri terhadap Manfaat Kegiataan Olahraga ditinjau dari Sudut Pandang Kaidah Islam ( Suatu Penelitian pada Dayah Syamsul Makrifah Tangse Tahun Pelajaran 2024/2025)”. Penelitian ini mengakat tentang bagaimana tanggapan santri terhadap manfaat olahraga dari sudut pandang kaidah Islam dan apakah santri memiliki pemahan dan tanggapan yang positif terhadap olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman santri terhadap manfaat kegiatan olahraga. Olahraga memiliki manfaat yang penting tidak hanya untuk kesehatan jasmani dan rohani akan tetapi juga dari segi spritual yang berkaitan dengan ajaran Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mengunakan tekni pengumpulan data mengunakan media angket kepada santri Dayah Syamsul Makrifah Tangse. Sampel yang diambil yakni setengah dari populasi yaitu 77 orang, menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa santri memiliki pandangan dan tanggapan yang positif terhadap manfaat dan kegiaatan olaharaga. Para santri menyadari  bahwa olahraga memiliki banyak manfaat baik dari  menjaga kesehatan fisik dan mental, meningkatkan rasa tanggung jawab dan kedisiplinan, dan mempererat tali persaudaraan, serta magikuti anjuran Islam untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. jadi dapat disimpulkan bahwa judul yang diajukan oleh peneliti diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa adanya tanggapan yang positif dari santri terhadap manfaat kegiatan olahraga yang ditijau dari sudut pandang kaidah islam di Dayah Syamsul Makrifah Tangse.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abror, M. R., & Fitri, M. (2024). Hukum Pakaian Olahraga Dalam Islam. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(1), 242-251.

Aditya, N. R. I., Iqna, A., & Utami, A. T. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Agama Islam Terhadap Kegiatan Olahraga. Islamic Education, 3(1), 123-131 Alfabeta

Aly, Abdullah, 2011. Pendidikan Islam Multikultural Di Pesantren, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Amirzan, M. Y. (2019). Tanggapan siswa terhadap manfaat kegiatan ekstrakurikuler olahraga dalam pengembangan prestasi dan potensi diri. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(1), 79-87.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, I. (2021). Peran Santri Milenial dalam Mewujudkan Moderasi Beragama. Prosiding Nasional, 4, 197-216.

Cahya, K. D., & LEMA, I. R. (2019). Pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari agar sehat dan bugar.

Erlistiana, D., & Andani, M. (2020). Efektivitas Olahraga 3B (Berenang, Berkuda, Berpanah) sebagai Sarana Dakwah Islam. Busyro: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1), 1-8.

Fadhillah, M. A., Yahya, M., & Muhammad, M. (2024). Tanggapan Santri Terhadap Manfaat Olahraga dalam Membentuk Kepribadian (Penelitian pada Pasantren Misbahuddin Kecamatan Kembang Tanjong Kabupaten Pidie). Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 4(1), 107-122.

Fuad, J. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(1).

Gufron, I. A. (2019). Santri dan Nasionalisme. Islamic Insights Journal, 1(1), 41-45.

Hadi, F. K. (2020). Aktivitas olahraga bersepeda masyarakat di Kabupaten Malang pada masa pandemi COVID-19. Sport Science and Education Journal, 1(2), 28-36.

Hasbi Indra. Pesantren dan Transformasi Sosial "Studi Atas Pemikiran KH. Abdullah Syafe'i Dalam bidang pendidikan Islam ". (Jakarta: Penamadani, 2005).

Heavenlim, N. R., Abdussamad, A., & Wartiningsih, A. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan Kritis Pada Siswa Kelas IX SMPN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3).

Huda, M. N., & Yani, M. T. (2015). Pelanggaran santri terhadap peraturan tata tertib pondok pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(03), 740-753.

Husdarta, H.J.S. 2010. Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Husdarta, H.J.S. 2010. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung:

Husdarta. 2009. Manejemen Pendidikan Jasmani.Bandung :Alfabeta

Husni, Agusta. (1990). Pintar Olahraha. Jakarta: Mawar Gempita.

khairuddin, K. (2017). Olahraga dalam Pandangan Islam. JOI (Jurnal Olahraga Indragiri): Olahraga, Pendidikan, Kesehatan, Rekreasi, 1(2), 1-14

Kuntjoro, B. F. T. (2020). Rasisme Dalam Olahraga. Jurnal Penjakora, 7(1), 69-77.

Kurniawan, F. (2012). Buku pintar pengetahuan olahraga. Jakarta: Laskar Aksara.

LaskarAksara Saktiawan, Lukman Hakim (2007). Keajaiban Shalat Menurut Ilmu Kesehata Cina, Jakarta: PT. Mizan Pustaka.

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori Dan Metode. Jakarta: Dekdikbud. Ditjendikti

Lauh, W. D. A. (2014). Dimensi olahraga pendidikan dalam pelaksanaan penjasorkes di sekolah. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(1), 83-93.

Maksum, A. (2005). Olahraga membentuk karakter: Fakta atau mitos. Jurnal Ordik, 3(1), 23-30

Nisa, A. H., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). Persepsi. KOLONI, 2(4), 213-226.

Prasetyo, A. A., Irawan, D., & Monita, S. A. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Agama dalam Olahraga. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(3), 190-196.

Prima, P., & Kartiko, D. C. (2021). Survei kondisi fisik atlet pada berbagai cabang olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 161-170.

Ramadhani, D. A., Ahmadi, H., & Abdillah, M. I. F. (2023). Rasisme di Dunia Olahraga. Islamic Education, 1(1), 122-127.

Rofiqoh, A. (2020). Shalat dan kesehatan jasmani. Spiritualita, 4(1), 65-76.

Ruhardi, R., Nugroho, W. A., & Mahardhani, A. J. (2021). Olahraga Kebugaran dan Kesehatan dalam Perspektif Islam. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 64-80.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: PT Alfabet.

Safitri, K. N., Irdhillah, S., Deskia, M., Naufaldy, M. F., Rahayu, R., Kusumawicitra, N., ... & Mulyana, A. (2024). Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 44-56.

Salahudin, S., & Rabwan Satriawan. (2022). Olahraga Lari dalam Pandangan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(1), 17–27.

Saputra, M. R., Haikal, M., & Restu, M. T. (2023). Kaitan Olahraga Berkuda Dengan Agama Islam. Islamic Education, 1(1), 110-116.

Sardiman. 2009.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Shihab, M. Q. (2013). Kaidah tafsir. Lentera Hati Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sodikin, R. A. (2003). Konsep agama dan islam. Al Qalam, 20(97), 1-20. https://core.ac.uk/download/pdf/267964207.pdf

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, kuantitati dan r&d. Bandung:

Susanto, H., & Muzakki, M. (2016). Perubahan perilaku santri (studi kasus alumni pondok pesantren salafiyah di desa langkap kecamatan besuki kabupaten situbondo). ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam (IJPI), 2(1).

Syarifuddin, Ahmad (2008). Puasa Menuju Sehat Fisik dan Psikis. Jakarta: Gema Insani.

Sari, L. R., Anggraini, R., Kencanawati, M. S., & Sularto, L. (2022). Dampak Keamanan, Manfaat, Kepercayaan, Promosi, serta Kemudahan pada Keputusan Pemanfaatan Dompet Elektronik Shopeepay. Metik Jurnal, 6(1), 59-69.

Wahyudi, Moh. (1999). 400 Hadist Keutamaan Amal Beserta Penjelasannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wratsongko, Madyo. (2007). Menyikapi Rahasia Gerakan Shalat. Cimahi: Azzam Publishing


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com