Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Mini Turnamen Bulu Tangkis Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Siswa SMPN 1 Sigli
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek melalui mini turnamen bulu tangkis dalam meningkatkan minat belajar siswa siswa SMPN 1 Sigli. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam satu siklus. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa, terdiri dari 8 siswa sebagai peserta dan 7 siswa sebagai panitia kegiatan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara (angket terbuka), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui mini turnamen bulu tangkis, siswa menunjukkan peningkatan minat belajar yang signifikan. Hal ini terlihat dari lima indikator yang diamati, yaitu antusiasme, partisipasi, perhatian, kedisiplinan, dan kerja sama siswa. Kegiatan ini memicu semangat, keterlibatan aktif, dan rasa tanggung jawab siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek melalui mini turnamen dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran PJOK yang efektif dan menyenangkan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aeni, S. N., & Agung. (2022). Wawancara adalah Salah Satu Upaya Mencari Informasi, Ini Penjelasannya. Katadata.Co.Id.
Anandari, A. R. F., Melwan, Y. J., & Gibran, K. M. (2025). Meningkatkan Minat Olahraga Melalui Program Pekan Olahraga Dewa Internal Futsal Turnamen di SMPN 5 Kota Bengkulu. Dharma Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 33-40. https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/38850
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ascarya Academia. (2022). Triangulasi Data, Contoh, Penjelasan Dan Prakteknya Pada Riset. Ascarya Soulution, 1.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2025). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Badminton World Federation. (2025). Laws of Badminton. https://worldbadminton.com/rules/
Fai. (2022). Metode Penelitian Kualitatif adalah. umsu.ac.id
Isti, A. (2022). Observasi adalah Pengamatan Suatu Objek Penelitian, Ketahui Tujuan dan Manfaatnya. Retrieved from https://www.merdeka.com/jateng/observasi-adalah-pengamatan-suatu-objek-penelitian-ketahui-tujuan-dan-manfaatnya-kln.html
Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan TUGAS AKHIR Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Nucleic Acids Research, 1–266.
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif”). Yogyakarta Press (pp. 1–158). Retrieved from http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Nababan, D., Manik, S. M. G., & Siahaan, R. (2023). STRATEGI PROJECT BASED LEARNING (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 557–566. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/161
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurkusuma, T. W., & Hartati, S. C. Y. (2017). Penerapan permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas v Sdn Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1), 110–116. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/19998
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Paul, O. (2022). Dokumentasi Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya. Retrieved from https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/dokumentasi-adalah-pengertian-fungsi-dan-jenisnya/
Perdana, A. D. P., Vai, A., Rahmatullah, M. I., & Af, O. F. (2025). Model permainan bulu tangkis berbasis fun games untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SDN 004 Muaro Sentajo. Journal of Citizen Research and Development, 2(1), 429-435. https://www.researchgate.net/publication/389489412
Sugiyono. (2017). Dokumentasi Adalah: Jenis, Kegiatan, Fungsi, Tujuan, Peran. Dosen.co.id.
Welianto, A. (2020). Sejarah Bulu Tangkis. Kompas.com Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/25/120000969/sejarah-bulu-tangkis?page=all
Widyatna, E. (2023). Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Praktik Baik Kurikulum Merdeka. National Conference for Ummah, 01(01), 359–364.
Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463
Zakky, (2020). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum.
Www.Zonareferensi.Com, 1–14. Retrieved from
https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi
- Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
- Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
- Phone: +62 823-6755-9193
- Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com
